Indonesia | English
  BADAN POM
Halaman Utama 
Profil 
Berita Aktual 
Siaran Pers /
Peringatan Publik
 
Peraturan
Brosur
Publikasi
  LAPORAN
  KOMODITI
  WEB UNIT
Unit Layanan Pengaduan Konsumen
Informasi Obat
Informasi Keracunan
Obat Bahan Alam Indonesia
Sistem Keamanan Pangan Terpadu
Khusus : Garam Beryodium
 
  |
  POLLING



:: Foto Kegiatan ::

VISI & MISI

Visi Badan POM
Menjadi Institusi
Pengawas Obat dan
Makanan yang Inovatif,
Kredibel dan Diakui
Secara Internasional
untuk Melindungi
Masyarakat.


Misi Badan POM
1. Melakukan
Pengawasan
Pre-Market dan
Post-Market Berstandar
Internasional.

2. Menerapkan Sistem
Manajemen Mutu Secara
Konsisten.

3. Mengoptimalkan
Kemitraan dengan
Pemangku Kepentingan
di Berbagai Lini.

4. Memberdayakan
Masyarakat agar
Mampu Melindungi
Diri dari Obat dan
Makanan Yang Berisiko
Terhadap Kesehatan.

5. Membangun
Organisasi Pembelajar
(Learning Organization).

FUNGSI BADAN POM

Fungsi Badan POM
1. Pengaturan, Regulasi,
dan Standardisasi.

2. Lisensi dan
Sertifikasi Industri
di Bidang Farmasi
Berdasarkan Cara-cara
Produksi yang Baik.

3. Evaluasi Produk
Sebelum Diizinkan
Beredar.

4. Post Marketing
Vigilance Termasuk
Sampling dan
Pengujian Laboratorium,
Pemeriksaan Sarana
Produksi dan Distribusi,
Penyidikan dan
Penegakan Hukum.

5. Pre-audit dan
Pasca-audit Iklan
dan Promosi produk.

6. Riset Terhadap
Pelaksanaan Kebijakan
Pengawasan Obat
dan Makanan.

7. Komunikasi, Informasi
dan Edukasi Publik
Termasuk Peringatan
Publik.

 11 USER ONLINE
TOTAL VISITS: TAHUN 2013
 
 

PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
REFORMASI BIROKRASI BADAN POM RI


Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 103 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2005 Berdasarkan peraturan perundang-undangan tersebut, Badan POM melaksanakan Tugas Pemerintahan di bidang Pengawasan Obat dan Makanan. Pengawasan Obat dan Makanan merupakan bagian integral dari upaya pembangunan kesehatan di Indonesia. Misi Badan POM dalam melindungi masyarakat dari produk Obat dan Makanan yang membahayakan kesehatan dituangkan dalam sistem pengawasan full spectrum mulai dari pre-market hingga post-market control yang disertai dengan upaya penegakan hukum dan pemberdayaan masyarakat (community empowerment).

Peraturan Presiden Nomor 81/2010 menegaskan bahwa pada tahun 2011 seluruh Kementerian dan Lembaga telah mewujudkan komitmen melaksanakan proses Reformasi Birokrasi secara bertahap untuk mewujudkan Visi Reformasi Birokrasi 2025. Visi Reformasi Birokrasi adalah “Terwujudnya Pemerintahan Kelas Dunia”, yaitu pemerintahan yang profesional dan berintegritas tinggi yang mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan manajemen pemerintahan yang demokratis. Visi RB tersebut adalah keputusan strategis untuk memaksimalkan peran aparatur birokrasi guna mewujudkan visi pembangunan nasional berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional, yaitu: “Indonesia yang Mandiri, Maju, Adil dan Makmur”.

Dalam rangka tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik, Badan POM diwajibkan melaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) secara menyeluruh yang dilaksanakan bertahap 5 (lima) tahunan sampai tahun 2025.

[Detail..]

 

Tujuan Reformasi Birokrasi di Badan POM

Tujuan Reformasi Birokrasi di BPOM secara umum yaitu kinerja birokrasi Badan POM menjadi lebih efektif dan efisien melalui pendekatan yang sistematik untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang baik dan menciptakan aparatur Negara yang bersih, profesional dan bertanggung jawab.

 

Keputusan Pembentukan Tim Reformasi Birokrasi Badan POM Tahun 2011

  1. Keputusan Kepala Badan POM RI Nomor HK.04.243.05.11.2267 tentang Pembentukan Tim Reformasi Birokrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia
  2. Keputusan Kepala Badan POM RI Nomor HK.04.1.24.11.12.7154 Tahun 2012 tentang Pembentukan Tim Reformasi Birokrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia 

 

Susunan Tim Reformasi Birokrasi Badan POM

  1. TIM PENGARAH
    Ketua : Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan
    Sekretaris : Sekretaris Utama
    Anggota :
    1. Deputi Bidang Pengawasan Produk Terapetik dan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif
    2. Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen
    3. Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya

  2. TIM PELAKSANA
    Ketua : Sekretaris Utama
    Sekretaris :
    1. Kepala Biro Umum
    2. Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan
    Anggota :
    1. Inspektur
    2. Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat
    3. Direktur Penilaian Obat dan Produk Biologi
    4. Direktur Penilaian Obat Tradisional, Suplemen Makanan, dan Kosmetik
    5. Direktur Penilaian Keamanan Pangan
    6. Direktur Pengawasan Produksi Produk Terapetik dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
    7. Direktur Pengawasan Distribusi Produk Terapetik dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
    8. Direktur Pengawasan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif
    9. Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya
    10. Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen
    11. Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Pangan
    12. Direktur Standardisasi Produk Terapetik dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
    13. Direktur Standardisasi Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen
    14. Direktur Standardisasi Produk Pangan
    15. Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan
    16. Direktur Obat Asli Indonesia
    17. Kepala Pusat Penyidikan Obat dan Makanan
    18. Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan
    19. Kepala Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional
    20. Kepala Pusat Riset Obat dan Makanan
    21. Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri
    22. Kepala Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia

  3. KELOMPOK KERJA
    Pokja Bidang Penataan Organisasi dan Tata Laksana
    Ketua : Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan
    Sekretaris : Kepala Bagian Rencana Strategis dan Organisasi
    Anggota :
    a. Kepala Pusat Riset Obat dan Makanan
    b. Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya
    c. Kepala Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional
    d. Kepala Bagian Bantuan Hukum
    e. Kasubag Perencanaan Pegawai
    f. Kasubid Aplikasi, Pusat Informasi Obat dan Makanan
    g. Drs. Agung Wicaksono, Apt. (Auditor Madya)

    Pokja Bidang Peraturan Perundang-Undangan
    Ketua : Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat
    Sekretaris : Kepala Bagian Peraturan Perundang-undangan
    Anggota :
    a. Direktur Standardisasi Produk Terapetik dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
    b. Direktur Standardisasi Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen
    c. Direktur Standardisasi Produk Pangan

    Pokja Bidang Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur
    Ketua : Kepala Biro Umum
    Sekretaris : Kepala Bagian Pengembangan Pegawai
    Anggota :
    a. Kepala Bagian Administrasi Kepegawaian
    b. Kabag Peraturan dan Perundang-Undangan
    c. Kasubag Organisasi

    Pokja Bidang Penguatan Pengawasan dan Akuntabilitas Kinerja
    Ketua : Inspektur
    Sekretaris : Agus Sulisno, S.Si, Apt (Auditor Ahli Muda)
    Anggota :
    a. Kepala Bidang Produk Terapetik dan Bahan Berbahaya, PPOMN
    b. Kepala Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga
    c. Kepala Bagian Keuangan
    d. Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan
    e. Kepala Bagian Program dan Anggaran
    f. Kasubag Tata Usaha Kepegawaian

    Pokja Bidang Pelayanan Publik (Perkuatan Sistem Pengawasan Pre Market dan Post Market, serta Pemberdayaan Masyarakat)
    Ketua I : Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen
    Ketua II : Direktur Penilaian Obat dan Produk Biologi
    Sekretaris I : Kepala Sub Direktorat Sertifikasi, Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen
    Sekretaris II : Kepala Sub Direktorat Penilaian Obat Copy dan Produk Biologi
    Anggota :
    a. Direktur Penilaian Obat Tradisional, Suplemen Makanan, dan Kosmetik
    b. Direktur Penilaian Keamanan Pangan
    c. Direktur Pengawasan Distribusi Produk Terapetik dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
    d. Direktur Pengawasan Produksi Produk Terapetik dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
    e. Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Pangan
    f. Direktur Obat Asli Indonesia
    g. Kasubdit Sertifikasi Pangan
    h. Kepala Bidang Penyidikan Makanan, PPOM
    i. Kepala Bidang Pengujian Obat, PPOMN
    j. Kepala Bidang Informasi Keracunan
    k. Kepala Bagian Hubungan Masyarakat
    l. Kepala Sub Direktorat Penilaian Pangan Olahan Tertentu
    m. Kepala Bagian Layanan Pengaduan Konsumen
    n. Kasubag Program
    o. Kasubag Rumah Tangga
    p. Ir. Noviana Susanti (Auditor Muda)

    Pokja Bidang Pola Pikir (Mind Set) dan Budaya Kerja (Culture Set)
    Ketua : Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan
    Sekretaris : Kepala Bagian Rencana Strategis dan Organisasi
    Anggota :
    a. Direktur Pengawasan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif
    b. Kepala Pusat Penyidikan Obat dan Makanan
    c. Kepala Bidang Penyidikan Narkotika dan Psikotropika, PPOM
    d. Kasubag Kesejahteraan Pegawai
    e. Kasubag Pengembangan Diklat

    Pokja Bidang Promosi dan Komunikasi Reformasi Birokrasi
    Ketua : Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan
    Sekretaris : Kepala Bidang Teknologi Informasi
    Anggota :
    a. Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan
    b. Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat
    c. Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri
    d. Kepala Bidang Informasi Obat

  4. Tim PMPRB
    Koordinator : Inspektur
    Assesor :
    1. Sekretariat Utama dan Pusat-Pusat
      Ketua Asesor : Ema Setyawati, S.Si, Apt, ME. (Biro Umum)
      Anggota :
      a. Atiek Supardiati Eka S, S.Si, Apt, MKM. (Biro Umum)
      b. Dra. Dini Gardenia, Apt. (Biro Umum)
      c. Dra. Farida Anwar, Apt. (Biro Umum)
      d. Drs. Igis Pitono, MM. (Biro Umum)
      e. Yan Hermawan, S.Psi. (Biro Umum)
      f. Dra. Yunida Nugrahanti Soedarto, Apt, MP. (Biro Perencanaan dan Keuangan)
      g. Dra. Lucky Hayati, Apt. (Biro Kerjasama Luar Negeri)
      h. Nelly Lutfhiani Rachman, S.Sos. (Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat)
      i. Shesha Annisa Desrina, SH. (Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat)
      j. Dra. Rita Endang, Apt, M.Kes. (Pusat Informasi Obat dan Makanan)
      k. Dra. Tri Asti Isnariani, Apt, M.Pharm. (Pusat Informasi Obat dan Makanan)
      l. Dra. Sutanti Siti Namtini, Apt. (Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional)
      m. Dra. Hermini Tetrasari, Apt, M.Si. (Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional)
      n. Dra. Diah Tritunggariani, Apt, M.Kes. (Pusat Riset Obat dan Makanan)
      o. Arief Movadhy Rakhman, S.Farm, Apt. (Pusat Penyidikan Obat dan Makanan)
      p. Mochammad Fachrul Rizal, SH. (Inspektorat)
      q. Anita Yuni Puji Astutik, S.Kom. (Inspektorat)

    2. Kedeputian I
      Ketua Asesor : Dra. Togi Junice Hutadjulu, Apt, MHA. (Dit. Pengawasan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif
      Anggota :
      a. Dra. Muhti Okayani, Apt, M.Epid. (Dit. Standardisasi PT dan PKRT)
      b. Dra. Lela Amelia, Apt, Mepid. (Dit. Penilaian Obat dan Produk Biologi)
      c. Ria Christine Siagian, S.Si, Apt, M.Sc. (Dit. Penilaian Obat dan Produk Biologi)
      d. Mimin Jiwo Winanti, S.Si, Apt. (Dit. Pengawasan Produksi PT dan PKRT)
      e. Tri Wagiyanti, S.Si, Apt. (Dit. Pengawasan Produksi PT dan PKRT)
      f. Dra. Yulia Purwarini, Apt. (Dit. Pengawasan Distribusi PT dan PKRT)
      g. Siti Asfijah Abdoellah, S.Si, Apt, MmedSc. (Dit. Pengawasan Distribusi PT dan PKRT)
      h. Dra. Lia Marliana, Apt, M.Kes. (Dit. Pengawasan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif
      i. Sri Rahayu, S.IP, M.Si. (Dit. Pengawasan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif

    3. Kedeputian II
      Ketua Asesor : Dr. Sherley, Apt, M.Si (Dit. Obat Asli Indonesia)
      Anggota :
      a. Dra. Sri Hariyati, MSc. (Dit. Obat Asli Indonesia)
      b. Dra. Fadjar Aju Tofiana, Apt, MT. (Dit. Standardisasi Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen)
      c. Dra. Rr. Maya Gustina Andarini, Apt, M.Sc. (Dit. Penilaian Obat Tradisional, Suplemen Makanan, dan Kosmetik
      d. Dra. Kristiana Haryati, Apt. (Dit. Inspeksi dan Sertifikasi Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen)

    4. Kedeputian III
      Ketua Asesor : Drs. Halim Nababan, MM. (Dit. Surveilan Dan Penyuluhan Keamanan Pangan)
      Anggota :
      a. Dra. Deksa Presiana, Apt, M.Kes. (Dit. Standardisasi Produk Pangan)
      b. Neny Rochyany, S.Si, Apt, M.Si. (Dit. Penilaian Keamanan Pangan)
      c. Dra. Ema Herawati, Apt. (Dit. Inspeksi dan Sertifikasi Pangan)
      d. Galih Prima Arumsari, S.Farm, Apt. (Dit. Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya)
      e. Drs. Bosar Marhuarar Pardede, Apt, M.Si. (Dit. Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan)

 

8 Area Perubahan

  1. Pola Pikir dan Budaya Kerja
  2. Penataan Perundang-undangan
  3. Penataan Organisasi
  4. Upaya Perkuatan Organisasi - Aspek Sistem dan Tatalaksana
  5. Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur
  6. Penguatan Pengawasan
  7. Penguatan Akuntanbilitas Kinerja
  8. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik


Berita Reformasi Birokrasi

 
  KEPALA BADAN POMSESTAMADEPUTI IDEPUTI IIDEPUTI III
 
dr. M. Hayatie Amal, MPH
Dra. A. Retno Tyas Utami,
Apt., M.Epid
Drs. T. Bahdar Johan H.,
Apt., M.Pharm.
Ir. Roy A. Sparringa,
M.App.Sc., Ph.D
Klarifikasi BPOM 
  1. Klarifikasi :
    Tidak Ada Pelatihan
    Nasional Makanan,
    Minuman dan Obat
  2. Penipuan Yang
    Mengatasnamakan
    Pejabat Badan POM
  3. Luwak White Coffee
  4. Larangan Konsumsi
    Merk Obat Tertentu
  5. Iklan Kemitraan
  6. Saus Tabasco
    dan HP
 
LAYANAN PUBLIK




  SPECIAL INTEREST












Badan POM (NA-DFC)
Jl. Percetakan Negara No.23 - Jakarta 10560 Indonesia
Telp: (021) 4244691/42883309/42883462, Fax: (021) 4263333
Email: Informasi@pom.go.id
Copyright © 2010 Badan Pengawas Obat dan Makanan - Indonesia.
All rights reserved.

Best viewed in 1024 x 768 px