1. Beranda
  2. Berita Aktual
  3. Siaran Pers/Peringatan Publik
  4. Klarifikasi BPOM
  5. Pengaduan Konsumen
  6. Produk Ditarik
  7. Produk Teregistrasi
    1. Obat
    2. Obat Tradisional
    3. Suplemen Makanan
    4. Kosmetik
    5. Produk Pangan
  8. Peraturan
    1. Laporan Keuangan
    2. Laporan Tahunan
    3. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah
    4. Laporan Kinerja
    5. Laporan PNBP
    6. Laporan BMN
  9. Layanan Publik
    1. LPSE
    2. e-bpom
    3. Notifikasi Kosmetik
    4. e-Registration Obat
    5. e-Registration Obat Tradisional
    6. e-Registration Pangan Olahan
  10. PPID
    1. Obat
    2. Obat Tradisional
    3. Suplemen Makanan & Kuasi
    4. Kosmetika
  11. Rekrutmen CPNS

BADAN POM RI
Jl. Percetakan Negara No.23 - Jakarta 10560 Indonesia
Telp : (021) 4244691/42883309/42883462
Fax: (021) 4263333
Email : ulpk@pom.go.id




KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI TAHAP I PASAR AMAN DARI BAHAN BERBAHAYA DI PASAR BULILI, PASAR INPRES DAN PASAR MASOMBA KOTA PALU TAHUN 2019

17 Juli 2019 | 13:35 WIB (Balai Besar/Balai POM » Palu)


Monitoring dan Evaluasi  Implementasi kegiatan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya dalam rangka Pengawasan  Bahan Berbahaya Tahap I di Pasar Bulili Petobo, Pasar Inpres dan Pasar Masomba di Kota Palu telah dilakukan oleh Petugas Pengelola Pasar bersama Petugas Balai POM di Palu tanggal 15 -17 Juli 2019. Dimana ke tiga pasar tersebut telah di Intervensi,namun tetap dilakukan pemantauan melalui kegiatan Monitoring dan Evaluasi untuk mengetahui hasil pelaksanaan Program Pasar Aman dari Bahan Berbahaya, yaitu pelaksaan kegiatan Advokasi, Bimtek bagi petugas pasar dan penyuluhan kepada komunitas pasar serta mengetahui kondisi peredaran Bahan Berbahaya dan pangan yang mengandung bahan kimia berbahaya di Pasar Bulili Petobo, Pasar Inpres, dan Pasar Masomba Kota Palu.

 

Kegiatan Monev dilakukan dengan memantau langsung kegiatan di Pasar Bulili Petobo, Pasar Inpres, dan Pasar Masomba Kota Palu bersama-sama petugas pengelola pasar dan melakukan pembelian sampel dan pengujian terhadap produk makanan dan minuman yang beredar yang diduga mengandung Bahan Berbahaya seperti Boraks, Formalin, Kuning Metanil (Metanil Yellow) dan Rhodamin B.

 

Uji cepat yang dilakukan oleh petugas pengelola pasar dengan menggunakan Rapid Tes Kit terhadap 90 (Sembilan puluh) sampel yang diduga mengandung Bahan Berbahaya yang ada di Pasar Bulili Petobo, Pasar Inpres dan Pasar Masomba Kota Palu dan hasil uji terhadap 90 (Sembilan puluh) sampel menunjukan hasil tidak mengandung Bahan Berbahaya.

 

Berdasarkan hasil kegiatan Monev yang telah dilaksanakan bahwa tidak ditemukan peredaran produk pangan dengan Bahan Berbahaya terhadap 90 (Sembilan puluh) sampel di Pasar Bulili Petobo, Pasar Inpres, dan Pasar Masomba Kota Palu.

 

Diharapkan dengan diadakannya program kegiatan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya maka Pengelola, Petugas dan komunitas pasar tetap konsisten untuk tidak menjual dan menambahkan Bahan Berbahaya dalam produk pangan yang dijual, sehingga masyarakat dapat mengkonsumsi pangan bermutu, Bergizi dan Aman dari Bahan Berbahaya. Dengan demikian, implementasi Program Pasar Aman dari Bahan Berbahaya di Pasar Bulili Petobo, Pasar Inpres dan Pasar Masomba Kota Palu telah berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan.



Beralih ke versi : Desktop

Aktifkan Javascript pada Browser Anda