Laporan Tahunan

Periode

  Sampai Dengan  

Laporan Tahun 2013

Dalam Laporan Tahunan 2013 ini disampaikan hasil pengawasan obat dan makanan yang dilakukan Badan POM selama tahun 2013, yang mencakup evaluasi pre-market dalam rangka pemberian persetujuan izin edar, pengawasan post-market setelah produk beredar dengan cara pengambilan sampel dan pengujian laboratorium produk obat dan makanan yang beredar, inspeksi cara produksi, distribusi dalam rangka pengawasan implementasi Cara-cara Produksi dan Cara-cara Distribusi yang baik, serta investigasi awal dan penyidikan berbagai kasus tindak pidana bidang obat dan makanan. Di samping itu, disampaikan pula upaya Badan POM terkait komunikasi, edukasi dan pemberian informasi kepada masyarakat tentang produk obat dan makanan yang aman, bermutu dan bermanfaat/berkhasiat, baik yang dilakukan Badan POM sendiri maupun yang bermitra dengan pemangku kepentingan lain

 

Unduh Laporan Tahun 2013

7 Agustus 2014 | 10:21 WIB

Laporan Tahun 2012

Dalam rangka memberantas dan menertibkan peredaran produk obat dan makanan illegal dan palsu serta obat keras di sarana yang tidak berhak, Badan POM telah melakukan penyidikan kasus tindak pidana di bidang obat dan makanan, serta secara khusus menindaklanjuti kasus pelanggaran di bidang obat dan makanan yang dilakukan penegak hukum lain.

 

Selain itu, setiap tahun Badan POM juga melakukan operasi gebrak kejut gabungan nasional (Opgabnas) dan operasi gabungan daerah (opgabda) dengan melibatkan pihak terkait. Pada pelaksanaan Opgabnas tahun 2012, dari 250 sarana produksi dan distribusi yang diperiksa di seluruh Indonesia, terdapat 183 sarana yang Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) karena melakukan perbuatan melanggar hukum di bidang obat dan makanan. Sanksi dan hukuman maksimal bagi pelanggar peraturan/perundang-undangan di bidang obat dan makanan sebagaimana tercantum dalam Undang-undang sebenarnya cukup berat. Namun pada kenyataannya, pelaku tindak pidana di bidang obat dan makanan dituntut dan divonis dengan hukuman yang sangat ringan di pengadilan. Hal ini menyebabkan belum adanya efek jera bagi pelaku tindak pidana di bidang obat dan makanan. pemangku kepentingan lain.

Unduh Laporan Tahun 2012

7 Agustus 2014 | 10:04 WIB



1

Klarifikasi BPOM

Loading..

Laporan

LAKIP-
2011  2012  2013
Laporan Kinerja+
Laporan Tahunan+
Laporan Keuangan+
Laporan Barang Milik Negara+
Report To The Nation+
Laporan PNBP+