Laporan Tahunan

Periode

  Sampai Dengan  

Laporan Tahun 2015

Peningkatan beban kerja serta kompleksnya permasalahan pengawasan Obat dan Makanan perlu diimbangi dengan perkuatan institusi terkait pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang konsisten, pemantapan sumber daya manusia yang profesional, serta dukungan sarana dan prasarana yang memadai.

Dalam buku ini ini disampaikan hasil pengawasan obat dan makanan yang dilakukan Badan POM selama tahun 2015, yang mencakup standardisasi, evaluasi pre-market dalam rangka pemberian persetujuan izin edar, pengawasan post-market setelah produk beredar dengan cara  pengambilan  sampel  dan  pengujian  laboratorium  produk  obat  dan  makanan  yang beredar,  inspeksi  cara  produksi  dan distribusi  dalam  rangka  pengawasan  implementasi Cara  Produksi  dan  Cara  Distribusi  yang  baik,  pengawasan  iklan  dan  penandaan,  serta investigasi awal dan penyidikan berbagai kasus tindak pidana bidang obat dan makanan. Di samping itu, disampaikan pula upaya Badan POM dalam pemberdayaan masyarakat, baik yang  dilakukan  Badan  POM  sendiri  maupun  bermitra  dengan  pemangku  kepentingan. Pengawasan oleh masyarakat merupakan salah satu pilar dari 3 pilar pengawasan, karena masyarakat  yang  cerdas  akan  mampu  melindungi  dirinya  sendiri  serta  mampu  memilih obat dan makanan yang memenuhi syarat dan sesuai dengan kebutuhannya.

 

Unduh Laporan Tahun 2015

24 Agustus 2016 | 15:24 WIB

Laporan Tahun 2014

Selama tahun 2014, Badan POM telah melakukan evaluasi pre-market dan memberikan persetujuan izin edar dan notifikasi terhadap 60.373 produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen makanan, dan makanan.

 

Pada tahun 2014, pengawasan post-market dilakukan dengan cara pengambilan sampel dan pengujian laboratorium terhadap 97.065 sampel produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen makanan, dan makanan. Selain itu, Badan POM juga melakukan pengujian sampel barang bukti kasus NAPZA dari Kepolisian sebanyak 2.138 sampel. Di tingkat produksi dan distribusi, telah dilakukan inspeksi cara produksi dan distribusi terhadap 41.406 sarana. Terhadap berbagai pelanggaran peraturan di bidang Obat dan Makanan, pada tahun 2014 telah pula dilakukan penyidikan sebanyak 641 kasus, dimana 291 (45,40%) diantaranya ditindaklanjuti dengan projustisia dan 350 (54,60%) kasus lainnya ditindaklanjuti dengan sanksi administratif.


Unduh Laporan Tahun 2014

14 Maret 2016 | 09:45 WIB



1

Klarifikasi BPOM

Loading..

Laporan

LAKIP-
2011  2012  2013
Laporan Kinerja+
Laporan Tahunan+
Laporan Keuangan+
Laporan Barang Milik Negara+
Report To The Nation+
Laporan PNBP+