25 Februari 2017

Penilaian Kompetensi dalam rangka Seleksi Terbuka Jabatan Struktural Pimpinan Tinggi Madya (Deputi Bidang Pengawasan Produk Terapetik dan Napza)   |   Hasil Seleksi Administrasi Seleksi Terbuka Jabatan Struktural Pimpinan Tinggi Madya (Deputi Bidang Pengawasan Produk Terapetik Dan Napza) Badan Pengawas Obat Dan Makanan Tahun 2017   |   Meningkatkan Transparansi Audit Internal BPOM Berbasis TIK   |   BADAN POM MUSNAHKAN 12,67 MILIAR RUPIAH OBAT DAN MAKANAN ILEGAL   |  

@bpom_ri

HALOBPOM 1500533


Halaman utama >> Laporan Tahunan

Laporan Tahunan




PANDUAN DOWNLOAD
  1. Jika Anda menggunakan browser Internet Explorer atau Google Chrome, klik pada menu "Unduh" sesuai dengan nama dokumen yang Anda inginkan.
  2. Jika Anda menggunakan browser Mozilla Fire Fox, klik kanan pada menu "Unduh" kemudian pilih "Save Link As" lalu tekan "Save".
  3. Detail Data disajikan dalam format RAR dan PDF. Jika belum memiliki Adobe Acrobat Reader, dapat klik disini untuk mendownload.
Filter tanggal    sampai dengan    

Laporan Tahun 2015

Peningkatan beban kerja serta kompleksnya permasalahan pengawasan Obat dan Makanan perlu diimbangi dengan perkuatan institusi terkait pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang konsisten, pemantapan sumber daya manusia yang profesional, serta dukungan sarana dan prasarana yang memadai.

Dalam buku ini ini disampaikan hasil pengawasan obat dan makanan yang dilakukan Badan POM selama tahun 2015, yang mencakup standardisasi, evaluasi pre-market dalam rangka pemberian persetujuan izin edar, pengawasan post-market setelah produk beredar dengan cara  pengambilan  sampel  dan  pengujian  laboratorium  produk  obat  dan  makanan  yang beredar,  inspeksi  cara  produksi  dan distribusi  dalam  rangka  pengawasan  implementasi Cara  Produksi  dan  Cara  Distribusi  yang  baik,  pengawasan  iklan  dan  penandaan,  serta investigasi awal dan penyidikan berbagai kasus tindak pidana bidang obat dan makanan. Di samping itu, disampaikan pula upaya Badan POM dalam pemberdayaan masyarakat, baik yang  dilakukan  Badan  POM  sendiri  maupun  bermitra  dengan  pemangku  kepentingan. Pengawasan oleh masyarakat merupakan salah satu pilar dari 3 pilar pengawasan, karena masyarakat  yang  cerdas  akan  mampu  melindungi  dirinya  sendiri  serta  mampu  memilih obat dan makanan yang memenuhi syarat dan sesuai dengan kebutuhannya.

 

Unduh Laporan Tahun 2015


Laporan Tahun 2014

Selama tahun 2014, Badan POM telah melakukan evaluasi pre-market dan memberikan persetujuan izin edar dan notifikasi terhadap 60.373 produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen makanan, dan makanan.

 

Pada tahun 2014, pengawasan post-market dilakukan dengan cara pengambilan sampel dan pengujian laboratorium terhadap 97.065 sampel produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen makanan, dan makanan. Selain itu, Badan POM juga melakukan pengujian sampel barang bukti kasus NAPZA dari Kepolisian sebanyak 2.138 sampel. Di tingkat produksi dan distribusi, telah dilakukan inspeksi cara produksi dan distribusi terhadap 41.406 sarana. Terhadap berbagai pelanggaran peraturan di bidang Obat dan Makanan, pada tahun 2014 telah pula dilakukan penyidikan sebanyak 641 kasus, dimana 291 (45,40%) diantaranya ditindaklanjuti dengan projustisia dan 350 (54,60%) kasus lainnya ditindaklanjuti dengan sanksi administratif.


Unduh Laporan Tahun 2014


Laporan Tahun 2013

Dalam Laporan Tahunan 2013 ini disampaikan hasil pengawasan obat dan makanan yang dilakukan Badan POM selama tahun 2013, yang mencakup evaluasi pre-market dalam rangka pemberian persetujuan izin edar, pengawasan post-market setelah produk beredar dengan cara pengambilan sampel dan pengujian laboratorium produk obat dan makanan yang beredar, inspeksi cara produksi, distribusi dalam rangka pengawasan implementasi Cara-cara Produksi dan Cara-cara Distribusi yang baik, serta investigasi awal dan penyidikan berbagai kasus tindak pidana bidang obat dan makanan. Di samping itu, disampaikan pula upaya Badan POM terkait komunikasi, edukasi dan pemberian informasi kepada masyarakat tentang produk obat dan makanan yang aman, bermutu dan bermanfaat/berkhasiat, baik yang dilakukan Badan POM sendiri maupun yang bermitra dengan pemangku kepentingan lain

 

Unduh Laporan Tahun 2013


Laporan Tahun 2012

Dalam rangka memberantas dan menertibkan peredaran produk obat dan makanan illegal dan palsu serta obat keras di sarana yang tidak berhak, Badan POM telah melakukan penyidikan kasus tindak pidana di bidang obat dan makanan, serta secara khusus menindaklanjuti kasus pelanggaran di bidang obat dan makanan yang dilakukan penegak hukum lain.

 

Selain itu, setiap tahun Badan POM juga melakukan operasi gebrak kejut gabungan nasional (Opgabnas) dan operasi gabungan daerah (opgabda) dengan melibatkan pihak terkait. Pada pelaksanaan Opgabnas tahun 2012, dari 250 sarana produksi dan distribusi yang diperiksa di seluruh Indonesia, terdapat 183 sarana yang Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) karena melakukan perbuatan melanggar hukum di bidang obat dan makanan. Sanksi dan hukuman maksimal bagi pelanggar peraturan/perundang-undangan di bidang obat dan makanan sebagaimana tercantum dalam Undang-undang sebenarnya cukup berat. Namun pada kenyataannya, pelaku tindak pidana di bidang obat dan makanan dituntut dan divonis dengan hukuman yang sangat ringan di pengadilan. Hal ini menyebabkan belum adanya efek jera bagi pelaku tindak pidana di bidang obat dan makanan. pemangku kepentingan lain.

Unduh Laporan Tahun 2012


Laporan Tahun 2011

Dalam Laporan Tahunan 2011 ini disampaikan hasil pengawasan obat dan makanan yang dilakukan Badan POM selama tahun 2011, yang mencakup evaluasi pre-market dalam rangka pemberian persetujuan izin edar, pengawasan post-market setelah produk beredar dengan cara pengambilan sampel dan pengujian laboratorium produk obat dan makanan yang beredar, inspeksi cara produksi, distribusi dalam rangka pengawasan implementasi Cara-cara Produksi dan Cara-cara Distribusi yang baik, serta investigasi awal dan penyidikan berbagai kasus tindak pidana bidang obat dan makanan. Selama tahun 2011, Badan POM telah melakukan evaluasi pre-market terhadap 45.763 produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen makanan, dan makanan.

Unduh Laporan Tahun 2011



First | Previous | 1 | Next | Last

















KLARIFIKASI BPOM

Loading..