27 April 2017

KAMPANYE AKBAR “AYO SADAR PANGAN AMAN (ASPA)” Wujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal   |   The 3rd Indonesia-Japan Symposium Drug Registration and Pharmacovigilance System from Regulatory and Industry Perspective   |   Strategi Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan Melalui Pembangunan SMART Information System (SMARTINFO)   |   Badan POM Tingkatkan Daya Saing Bangsa   |   Percepat Respon untuk Perangi Hoax   |   Sosialisasi Perjanjian Kerjasama antara Badan POM - Kejaksaan Agung   |   Terobosan e-SKE dan ECD Badan POM Dukung Daya Saing Produk Indonesia   |   Implementasi Terbatas Pelaporan Elektronik Sampling dan Pengujian 13 Maret 2017   |   Penjelasan Badan POM Terkait Peredaran Permen Dot yang Diduga Mengandung Narkoba   |   Pemeliharaan Layanan Koneksi Jaringan Internet, Aplikasi Internal dan Eksternal Badan POM untuk Sementara Terhenti   |  

HALOBPOM 1500533

@bpom_ri


Halaman utama >> BPOM Himbau Masyarakat Tenang terkait Isu Beras Mengandung Plastik

BPOM Himbau Masyarakat Tenang terkait Isu Beras Mengandung Plastik

27 Mei 2015 | 15:00 WIB (Hukmas)



 

Selasa (26/5/2015) Presiden RI, Joko Widodo menggelar rapat terbatas bersama dengan Kapolri, Jenderal Pol Badrodin Haiti; Menteri Perdagangan RI, Rachmat Gobel; Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman; Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Roy Sparringa; dan Kepala Badan Intelejen Negara, Marciano Norman di Istana Negara. Salah satu materi yang dibahas dalam rapat tersebut adalah hasil pengujian terhadap sampel beras yang diduga mengandung plastik.

 

”Kami telah menguji sampel beras yang diduga mengandung plastik di beberapa laboratorium milik pemerintah, yaitu Badan POM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan laboratorium forensik milik POLRI. Hasil pengujian tersebut menunjukkan tidak ada unsur plastik dalam sampel beras atau negatif mengandung bahan plastik”. Demikian pernyataan Badrodin kepada seluruh media yang hadir dalam konferensi yang diselenggarakan usai rapat.

 

Badan POM sebagai Emergency Contact PointdariInternational Food Safety Authorities Network (INFOSAN) di bawah WHO, belum lama ini menanyakan kepada INFOSAN apakah pernah ada kasus serupa yang dilaporkan. “Tidak pernah ada kasus serupa”, merupakan jawaban yang diberikan INFOSAN. “Masyarakat diharapkan tenang terkait permasalahan beras ini”, ujar Roy Sparringa. “Pemerintah berkomitmen untuk terus melindungi masyarakat dari produk yang tidak memenuhi persyaratan”, lanjutnya.

 

“Badan POM juga telah mengintruksikan kepada jajaran Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia terus bekerja sama dengan lintas sektor dan dinas-dinas terkait untuk mengawal kasus ini dan siap menguji jika ada produk beras yang diduga tidak memenuhi ketentuan, namun sejauh ini tidak ada yang melaporkan”, lanjut Roy.

 

Badan POM kembali mengajak masyarakat untuk lebih cerdas dan teliti memilih makanan yang akan dikonsumsi. Apabila masih ada keraguan bisa langsung menghubungi Contact Center HALO BPOM 1500533 atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) di Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia. (HM-17)

 

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat



















KLARIFIKASI BPOM

Loading..