Berita Aktual

SELAMAT HARI ANTI NARKOBA INTERNASIONAL - WASPADA FLAKKA, MANUSIA SEPERTI “ZOMBIE”

13 Juli 2017 14:31 WIB Dilihat 392 Kali Unit Pusat » Dit Pengawasan Napza

20170713-Flakka.jpg

Flakka atau senyawa 1-Phenyl-2-(pyrrolidin-1-yl)pentan-1-one (α-PVP) merupakan senyawa berbentuk kristal berwarna putih yang memiliki efek stimulansia yang dapat menyebabkan hiperstimulasi, paranoia, dan halusinasi. Flakka dapat menyebabkan penggunanya seperti “zombie” dan menjadi seperti orang gila sejenak dan kecenderungan menyakiti diri sendiri. Salah satu contoh kasus di Amerika Serikat, ditemukan seorang pria yang menggunakan flakka menyebabkan dirinya bertindak di luar kontrol yaitu menabrakkan dirinya ke kaca mobil dengan sangat brutal, pria tersebut tidak mengeluh kesakitan meskipun sekujur tubuhnya dipenuhi dengan pecahan kaca.

Flakka tidak memiliki manfaat penggunaan sebagai obat. Berdasarkan data European Monitoring Centre for Drugs and Drugs Addiction (EMCDDA) tahun 2013 – 2016 jumlah kasus penyalahgunaan flakka sangat tinggi yaitu menyebabkan kematian sebanyak 106 kasus dan fatal sebanyak 32 kasus.

Status legal flakka di Indonesia termasuk ke dalam Narkotika Golongan 1 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Perubahan Penggolongan Narkotika, daftar nomor urut 110. Oleh karena itu, flakka dilarang digunakan untuk kepentingan pelayanan kesehatan (tujuan pengobatan).

Di Indonesia sendiri, belum ditemukan kasus terkait penyalahgunaan flakka. Kasus penyalahgunaan ditemukan di beberapa negara di Amerika Serikat, antara lain Florida, Ohio, Texas dan Tennessee, kasus terbanyak ditemukan di Florida. Flakka dipasarkan secara terselubung dalam bentuk bahan kimia untuk penelitian, insektisida, penyubur tanaman, pembersih pakaian, cat, dan diperdagangkan melalui internet.

Mengingat sangat buruknya efek penggunaan flakka terhadap kesehatan, maka diharapkan

masyarakat Indonesia dapat mewaspadai dan menjauhkan diri dari penggunaan senyawa tersebut meskipun belum ditemukan dipasarkan di Indonesia. Badan POM sejalan dengan pemerintah dalam memerangi narkoba.  Selamat Hari Anti Narkoba Internasional (HANI).

Direktorat Pengawasan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif