Berita Aktual

Pastikan Perangi Obat dan Makanan Ilegal di Kota Bima, Kepala Badan POM Tinjau Langsung Kekuatan Pos POM Bima

27 Juli 2017 07:36 WIB Dilihat 282 Kali Hukmas

BIMA - Dengan memperhatikan kondisi yang ada untuk wujudkan Kota Bima sebagai kota transit maka pengembangan sektor perdagangan, hotel, dan restoran menjadi perhatian utama. Untuk memastikan pengawasan dalam memerangi peredaran obat dan makanan ilegal di Kota Bima, Kepala Badan POM, Penny K. Lukito melakukan kunjungan ke Pos POM Bima guna berdiskusi dengan para lintas sektor setempat serta para staf  untuk meningkatkan kerja sama (26/07).

 

Sebagaimana Inpres Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Peningkatan Efektifitas Pengawasan Obat dan Makanan, Badan POM harus memberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengawasan obat dan makanan serta mengoordinasikan pelaksanaan pengawasan obat dan makanan dengan instansi terkait baik di pusat maupun di daerah.

 

Berdasarkan potensi sumber daya yang ada dan didukung ketersediaan sarana-prasarana yang cukup memadai, berbagai peluang investasi cukup prospektif untuk dikembangkan di Kota Bima, salah satunya di bidang perdagangan. Untuk terus mengawal peredaran obat dan makanan di kota tersebut, operasional Pos POM Bima sudah dimulai pada awal Mei 2012 meski dengan sumber daya yang masih terbatas.

 

Tentunya pengawasan akan efektif bila didukung tindak lanjut hasil pengawasan obat dan makanan oleh Pemerintah Daerah sebagaimana rekomendasi yang diberikan Balai Besar/ Balai POM termasuk Balai Besar POM di Mataram, sehingga perlu adanya koordinasi dan sinergi yang baik antara Balai Besar/ Balai POM dengan Pemerintah Daerah.

 

Sebelum kunjungannya ke Pos POM Bima, Kepala Badan POM mengawal sosialisasi keamanan pangan untuk anak sekolah di SDN 11 Kobi (Kota Bima). “Tanamkan pengetahuan keamanan pangan pada anak guna menjadi generasi emas NTB yang tangguh dan berdaya saing global", ungkap Penny K. Lukito di hadapan para siswa/siswi.

 

Sangat penting bagi anak-anak usia sekolah diberikan pengetahuan keamanan pangan. Terdapat lima kunci aspek keamanan pangan yang perlu diketahui anak-anak yaitu: cara mengenali pangan aman, memilih dan membeli pangan yang aman, membiasakan Cek KLIK sebelum membeli, menjaga kebersihan, dan memberitahukan jika menemui pangan yang tidak aman.

 

"Dengan mengetahui 5 kunci keamanan pangan, maka anak- anak dapat mengonsumsi makanan bergizi dan bermutu serta dapat melindungi diri dari pangan mengandung bahan berbahaya", ungkap Kepala Badan POM pada kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Walikota Bima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bima. HM-Rahman

 

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat