Berita Aktual

Laboratorium Pengujian BBPOM di Palembang menuju Gerbang Selamat

14 November 2017 16:28 WIB Dilihat 97 Kali Balai Besar/Balai POM » Palembang

Pada hari Senin tanggal 13 November 2017 telah dilaksanakan In House Traning Sistem Manajemen K3 (SMK3) untuk keselamatan dalam bekerja di laboratorium. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Balai Besar POM di Palembang dan diikuti oleh seluruh personil pengujian, sub bagian tata usaha, satuan keamanan, dan cleaning service di BBPOM Palembang. Acara dimulai dengan Pembukaan dan Pengarahan Kepala Balai Besar POM di Palembang yang diwakilkan oleh bapak Yudi Noviandi, M.Sc.Tech., Apt dan dilanjutkan pemberian materi Sistem Manajemen K3 (SMK3) oleh bapak Ir. Syahrudin Chaniago, MM. Dalam penjelasannya disampaikan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu aspek perlindungan tenaga kerja dengan cara penerapan sistem pengendalian segala aspek yang berpotensi dapat membahayakan para pekerja.

Sistem manajemen K3 dimulai dari identifikasi bahaya meliputi aktivitas yang dilakukan, sarana dan prasarana, potensi bahaya yamg mungkin timbul, serta faktor lainnya. Penilaian risiko dilakukan terhadap hasil identifikasi bahaya yang sudah ditetapkan. Sehingga organisasi dapat menentukan pengendalian terhadap risiko tersebut.
Pengendalian juga ditujukan kepada sumber yang berpotensi menimbulkan penyakit akibat dari jenis pekerjaan tersebut, pencegahan kecelakaan dan penserasian peralatan kerja/mesin/instrumen, dan karakteristik manusia yang menjalankan pekerjaan tersebut maupun orang-orang yang berada di sekelilingnya. Dengan menerapkan sistem pengendalian keselamatan dan kesehatan kerja, diharapkan tenaga kerja akan mencapai ketahanan fisik dan daya kerja.

Keselamatan dan kesehatan kerja diharapkan untuk menciptakan kenyamanan kerja dan keselamatan kerja yang tinggi. Sosialisasi mengenai keselamatan kerja ini sangat penting, karena semua pegawai menjadi lebih tahu dan mengerti pada prinsipnya peraturaan keselamatan dan kesehatan kerja didasarkan pada standar umum.

Balai Besar POM di Palembang