Berita Aktual

Gerakan Bersama Wujudkan Masyarakat Sadar Pangan Aman

23 November 2017 15:00 WIB Dilihat 382 Kali Hukmas

JAKARTA- Laporan Kejadian Luar Biasa  (KLB) yang diterima Badan POM pada tahun 2016, sebanyak 6.136 orang terpapar pangan yang diduga menyebabkan keracunan. Atas dasar itulah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani bersama Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman (GERMAS SAPA) di Taman Mini Indonesia Indah, Kamis (23/11).

Hasil pengawasan Badan POM RI menunjukkan masih adanya permasalahan klasik di bidang keamanan pangan, yakni  penyalahgunaan bahan berbahaya dalam pangan. Germas Sapa merupakan gerakan bersama semua komunitas masyarakat dan jejaring keamanan pangan nasional. "Diharapkan Germas Sapa dapat menjadi gaya hidup yang diterapkan secara berkesinambungan oleh setiap orang", ujar Kepala Badan POM dalam sambutannya.

Keberhasilan Germas Sapa tidak hanya didukung dari institusi melainkan seluruh kualitas sumber daya manusia Indonesia. "Perlu komitmen bersama dari seluruh komponen bangsa untuk berperan aktif meningkatkan keamanan pangan mulai dari produksi, peredaran, hingga konsumsi", ujar Menteri Kordinator PMK pada acara yang dihadiri perwakilan Kementerian dan Pemerintah Daerah, PKK, Bhayangkari, Dharma Pertiwi, Pramuka, para siswa SD, SMP, dan para pelaku usaha di bidang pangan.

Selain pencanangan Germas Sapa, hari ini juga diluncurkan pengawet alternatif inovasi Indonesia sebagai pengganti formalin, dan peluncuran penambahan zat pemahit pada formalin. "Mari bergerak bersama menuju Indonesia sehat, maju dan sejahtera dengan selalu memilih dan mengonsumsi pangan aman", tutup Kepala Badan POM. HM-Diyan

 

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat.