Berita Aktual

Kepala Badan POM RI: Proses Registrasi Badan POM RI Mudah

14 Desember 2017 14:57 WIB Dilihat 1996 Kali Hukmas

JAKARTA - “Jangan bilang bahwa proses registrasi di Badan POM RI itu sulit. Selama persyaratan yang diminta dapat dipenuhi, kami selalu berusaha memberikan kemudahan kepada pelaku usaha", tegas Kepala Badan POM RI,  Penny K. Lukito pada forum diskusi dengan pelaku usaha tentang rebranding pelayanan publik registrasi Badan POM RI yang bertempat di  Markplus Jakarta, (13/12).

 

Kemudahan yang diberikan kepada pelaku usaha diantaranya melalui deregulasi dan efisiensi proses registrasi di Badan POM. "Jadi tidak perlu menggunakan jasa calo Biro Jasa (BJ), langsung saja datang ke Badan POM", imbuh Kepala Badan POM.

 

Tujuan diselenggarakannya forum diskusi ini adalah untuk mengindentifikasi masalah dan menjaring aspirasi pelaku usaha selaku penerima layanan publik Badan POM untuk meningkatkan mutu pelayanan publik sebagai salah satu langkah rebranding Badan POM. "Kedua belah pihak harus memiliki trust. Punya komitmen bersama membangun aspek keamanan untuk kepentingan masyarakat", tegasnya.

 

Badan POM RI berkomitmen melakukan peningkatan layanan publik secara terus-menerus untuk mendukung pengembangan industri obat dan makanan, mendorong perkuatan kapasitas industri dalam menjaga keamanan dan kualitas produk melalui penerapan PMR (Program Manajemen Risiko), serta mendorong peningkatan daya saing UMKM melalui pendampingan dan pemberian kemudahan prosedur serta  persyaratan dengan tetap menekankan keamanan dan mutu produk.

 

“Keberhasilan pelaksanaan pelayanan publik yang optimal tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun dibutuhkan juga peran pelaku usaha berupa pemahaman terhadap prosedur dan persyaratan serta kepatuhan dalam pemenuhan ketentuan yang berlaku”, tegasnya.

 

“Semua upaya yang telah dilakukan Badan POM RI belum sepenuhnya memenuhi harapan pelaku usaha. Oleh karena itu pertemuan ini diharapkan dapat menjembatani harapan dari pelaku usaha dan kemampuan Badan POM dalam memenuhinya", tutup Kepala Badan POM. HM-Rahman.

 

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat