Berita Aktual

Mengawasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah

9 Februari 2018 13:47 WIB Dilihat 76 Kali Balai Besar/Balai POM » Palembang

Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah merupakan salah satu komoditi yang harus dijaga oleh Badan POM sebagai institusi yang berwenang mengawasi keamanan obat dan makanan. Menindaklanjuti hal tersebut, Balai Besar POM di Palembang selalu rutin menurunkan Tim Mobil Laboratorium Keliling yang dilengkapi dengan Rapid Test Kyt untuk mendeteksi keberadaan Bahan Berbahaya dalam Pangan Jajanan Anak Sekolah.

Membidik SMP Negeri 9 sebagai salah satu Sekolah Unggulan di Kota Palembang, telah dilaksanakan kegiatan Operasional Mobil Laboratorium Keliling pada Kamis, 25 Januari 2018 dengan menyampling sebanyak 34 (tiga puluh empat) item sampel jajanan anak sekolah yang dicurigai mengandung Bahan Berbahaya. Dari sekian sampel yang diuji, tidak ditemukan satupun pangan jajanan anak sekolah yang mengandung Bahan Berbahaya seperti Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanil Yellow.

Kegiatan ini diharapkan mampu melindungi peserta didik dari jajanan anak sekolah yang mengandung Bahan Berbahaya sehingga beresiko terhadap kesehatan. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Gubernur telah berpesan kepada Balai Besar POM di Palembang untuk terus mengawasi keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah di Provinsi Sumatera Selatan, dan menindak tegas setiap pedagang yang ketahuan menjual Pangan Jajanan yang mengandung Bahan Berbahaya.

 

Balai Besar POM di Palembang