Berita Aktual

VERIFIKASI DESA PANGAN AMAN (PAMAN) DI DESA BUNGAI JAYA KABUPATEN KAPUAS

9 Februari 2018 14:33 WIB Dilihat 403 Kali Balai Besar/Balai POM » Palangka Raya

Dalam rangka meningkatkan motivasi, komitmen dan peran aktif komunitas desa dalam mewujudkan keamanan pangan dari dan bagi masyarakat desa, sekaligus membentuk Desa PAMAN, Balai POM Di Palangka Raya telah mengirimkan 1 (satu) profil desa yaitu Desa Bungai Jaya untuk mengikuti penilaian di tingkat nasional. Desa Bungai Jaya merupakan desa yang telah dilakukan intervensi kegiatan Gerakan Keamanan Pangan Desa Tahun 2017.

 

Desa Bungai Jaya termasuk dalam 6 (enam) desa dengan nilai tertinggi di tingkat nasional sehingga Badan POM RI melalui direktorat surveilan dan penyuluhan keamanan pangan perlu melakukan verifikasi dan penilaian langsung untuk memastikan kesesuaian profil desa yang dinominasikan sebagai Desa Pangan Aman di tingkat nasional. Petugas Badan POM RI yang melakukan verifikasi sebanyak 3 orang dengan ketua tim Anita Nur Aini, S.Si, Apt, M.Si.

 

Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 8 Februari 2018 bertempat di Balai Desa Bungai Jaya dibuka langsung oleh Kepala Balai POM Di Palangka Raya, Dra. Trikoranti Mustikawati, Apt. Hadir juga anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Ibu Rahminiati Djoedir dan pendamping desa. Sambutan disampaikan oleh Kepala Desa Bungai Jaya Bp. Kadiman selaku pejabat desa, anggota DPRD dan Kepala Balai POM Di Palangka Raya. Dalam sambutannya, anggota DPRD sangat menghargai dan mendukung Desa Bungai Jaya untuk menjadi salah satu dari 3 Desa yang ditetapkan sebagai Desa Pangan Aman oleh Badan POM RI. Pada kesempatan ini diberikan pula gimmick edukasi oleh Badan POM RI kepada pihak desa Bungai Jaya.

 

Diseminasi program Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) oleh Ibu Anita Nur Aini, S.Si, Apt, M.Si dari Badan POM RI dan pemaparan hasil pelaksanaan GKPD di Kabupaten Kapuas oleh Kepala BPOM Di Palangka Raya mengawali kegiatan verifikasi desa pangan aman di Desa Bungai Jaya.

 

Pertemuan ini mengundang peserta sebanyak 50 orang terdiri dari Tim Keamanan Pangan Desa Bungai Jaya, kader PKK, kader guru, kader karang taruna dan komunitas desa dari kelas ibu rumah tangga, sekolah, ritel, pedagang kreatif lapangan (PKL) dan industri rumah tangga pangan (IRTP). Verifikasi dokumen dilaksanakan di balai desa Bungai Jaya sedangkan kunjungan ke sarana dilaksanakan masing-masing 1 kali ke sarana IRTP, kantin sekolah, ritel, PKL dan dapur rumah tangga.

 

 

Balai POM Di Palangka Raya