Berita Aktual

Akhirnya Produsen Mie di Manado Komitmen Tidak Gunakan Boraks

10 Februari 2018 14:39 WIB Dilihat 112 Kali Balai Besar/Balai POM » Manado

Serangkaian panjang pengawasan oleh Balai Besar POM di Manado terhadap mie basah di Manado menunjukkan adanya peningkatan penggunaan bahan berbahaya boraks di dalam mie basah. Sementara konsumsi mie basah oleh masyarakat manado merupakan menu favorit seperti "mie cakalang " dan "midal" yaitu mie dicampur dalam tinutuan/bubur manado.

Kondisi yang demikian meinginspirasi Balai Besar POM di Manado dibawah pimpinan                             Dra Rustyawati Apt,M.Kes,Epid dalam rangka menjalankan amanah sebagai koordinator pengawasan obat dan makanan sebagaimana tersebut dalam Inpres 3 Tahun 2017 point pertama dan sepuluh dengan cara menyelenggarakan Forum Komitmen Bersama Produsen Mie Basah se-kota Manado sebagai wadah untuk berkomitmen tidak menggunakan bahan berbahaya boraks dalam campuran komposisi bahan yang digunakan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Manado 8 Februari 2018 ini mendapat apresiasi tinggi dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan               Bp. M Rudy Mokoginta, MTP yang berkenan menyaksikan langsung penandatanganan komitmen dari para produsen mie basah di Kota Manado dengan didampingi juga oleh Ir. Jenny Karouw,M.SI selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Ir. Meisje Heidy Naomi Wollah Kepala Dinas Perindustrian Kota Manado serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dan Dinas Kesehatan Kota Manado.

Produsen sebagai salah satu pilar pengawasan, dituntut untuk bertanggung jawab hanya memproduksi makanan yang aman dan bermutu demi tercapainya kesehatan masyarakat.

Balai Besar POM di Manado