Berita Aktual

Kolaborasi Cantik BPOM-Disperindag, KIE-Cerdas cermat

14 Februari 2018 08:31 WIB Dilihat 373 Kali Balai Besar/Balai POM » Denpasar

Suatu kehormatan bagi BPOM, diundang oleh Disperindag Kota Denpasar untuk hadir dalam Lomba Cerdas Cermat Kreatif Pedagang Pasar Rakyat dan Lomba Yel-Yel Pasar Rakyat Kota Denpasar 2018 yang bertempat di Pasar Agung pada hari Senin, 12 Pebruari 2018.

BBPOM yang diwakili oleh plt. Kepala BBPOM di Denpasar, Drs. I Wayan Eka Ratnata, Apt., dapat menilai kemampuan pedagang di seluruh pasar yang ada di wilayah Denpasar, terutama Pasar Agung dan Pasar Nyangelan yang merupakan Pasar binaan dari BBPOM di Denpasar. Plt. Kepala Balai juga juga menyampaikan, ada beberapa pasar yang perlu diberikan pembinaan dan intervensi lebih lanjut.

Tahun ini, Pasar Agung memperoleh penghargaan yaitu Sertifikat Kesesuaian sebagai Pasar Rakyat tipe III kelas Mutu 1 yg telah memenuhi Standar SNI 8152 : 2015 dari Lembaga Sertifikasi Produk PPMB – Kementrian Perdagangan. Sertifikat diserahkan oleh Walikota Denpasar, I B Rai Mantra, pada hari Senin, tanggal 12 Pebruari 2018 di Pasar Agung Denpasar, bersamaan dengan acara lomba cerdas cermat.

Walikota memotivasi para pedagang untuk menjaga komitmen supaya menjadi pedagang yang mampu memberikan layanan terbaik dan kenyamanan berbelanja yang tidak kalah dengan pasar modern. Pedagang harus senantiasa menerapkan prinsip-prinsip keamanan pangan dari bahan berbahaya dan menjaga kesehatan produk pangan yang dijual. Hal ini juga untuk mempertahankan Piagam Penghargaan sebagai Percontohan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya dari Badan POM yg diserahkan oleh Plt. Kepala Balai Besar POM di Denpasar, 7 Pebruari yang lalu.

Untuk lebih menambah pemahaman para pengunjung yang menyaksikan acara lomba cerdas cermat, maka tim BPOM juga mengadakan kegiatan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) di area acara. Dengan senantiasa dilakukan edukasi, diharapkan masyarakat semakin cerdas dan mampu menerapkan keamanan pangan menjadi insan yang sehat. (12/02)

BBPOM di Denpasar