Berita Aktual

BIMBINGAN TEKNIS KADER KEAMANAN PANGAN DESA DAN KOORDINATOR LAPANGAN KABUPATEN ROKAN HULU

15 Mei 2018 11:28 WIB Dilihat 28 Kali Balai Besar/Balai POM » Pekanbaru

PASIR PANGARAIAN, Balai Besar POM di Pekanbaru bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan Desa dan Koordinator Lapangan di Hotel Sapadia dengan mengundang 55 (limapuluh lima) orang Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD) yang berasal dari Desa Bangun Jaya, Desa Rambah Jaya dan Desa Bukit Intan Makmur. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal pada tanggal 25- 26 April 2018 di Hotel Sapadia dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha, dan BBPOM di Pekanbaru. Adapun KKPD yang mengikuti bimbingan teknis ini berasal dari unsur Perangkat Desa, PKK, Guru, Karang Taruna, para Sanitarian Desa dan Koordinator Lapangan Daerah.

 

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan Advokasi Kelembagaan Desa yang telah diselenggrakan beberapa waktu yang lalu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu. Dalam bimbingan teknis ini KKPD dilatih untuk mampu berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak, khususnya kelompok yang akan dibinanya dalam bidang keamanan pangan dan kreatif dalam menyampaikan materi/ informasi keamanan pangan kepada kelompoknya, karena akan ditugaskan untuk membina komunitas desa dalam bidang keamanan pangan melalui berbagai bentuk kreatifitas kegiatan yang menarik.

 

Kader-Kader Keamanan Pangan Desa di Kabupaten Rokan Hulu ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat desa di bidang keamanan pangan sehingga dapat melakukan pengawasan keamanan pangan secara mandiri dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan, sekaligus memperkuat ekonomi desa melalui program “Gerakan Keamanan Pangan Desa”.