Klarifikasi Badan POM

PENJELASAN BADAN POM Tentang OBAT TRADISIONAL/JAMU YANG DAPAT MENYEMBUHKAN KANKER

12 Juni 2017 | 10:41 WIB Dilihat 5614 Kali Hukmas

PENJELASAN BADAN POM

Tentang

OBAT TRADISIONAL/JAMU YANG DAPAT MENYEMBUHKAN KANKER

 

Sehubungan maraknya iklan/promosi Obat Tradisional/Jamu dengan klaim yang berlebihan seperti “menyembuhkan kanker tanpa perlu operasi/masektomi”, dengan ini Badan POM menegaskan bahwa hal tersebut adalah TIDAK BENAR.

 

Jamu adalah obat tradisional asli Indonesia yang merupakan salah satu warisan budaya. Jamu diketahui keamanan dan khasiatnya karena telah digunakan secara turun temurun sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

 

Badan POM tidak pernah menyetujui klaim khasiat Obat Tradisional/Jamu untuk menyembuhkan kanker dikarenakan klaim tersebut termasuk kategori klaim tinggi yang harus dibuktikan melalui serangkaian uji berupa uji pra klinik dan uji klinik.

 

Klaim yang disetujui untuk Obat Tradisional/Jamu adalah membantu memelihara kondisi kesehatan pada penderita kanker.

 

Sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 386 Tahun 1994 tentang Pedoman Periklaman Obat Bebas, Obat Tradisional, Alat Kesehatan, Kosmetik, dan PKRT lampiran 2, Obat Tradisional/Jamu untuk kanker tidak boleh diiklankan.

 

Penggunaan Obat Tradisional/Jamu pada penderita kanker sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

 

Apabila masyarakat memerlukan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center HALO BPOM di nomor telepon 1-500-533 (pulsa lokal), SMS 0-8121-9999-533, email halobpom@pom.go.id, twitter @HaloBPOM1500533, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.