Klarifikasi Badan POM

PENJELASAN BADAN POM RI TENTANG PERAN AKTIF MASYARAKAT DALAM PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN

5 Januari 2018 | 11:00 WIB Dilihat 2216 Kali Hukmas

PENJELASAN BADAN POM RI

 

TENTANG

PERAN AKTIF MASYARAKAT DALAM PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN

 

 

Sehubungan dengan semakin meningkatnya kewaspadaan dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan obat dan makanan, dengan ini Badan POM RI memandang perlu menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

 

  1. Badan POM RI berwenang melakukan pengawasan obat dan makanan secara full spectrum, mulai dari penilaian sebelum suatu produk diijinkan beredar meliputi   evaluasi terhadap keamanan, manfaat, dan mutu produk obat dan makanan, pengawasan setelah produk diijinkan beredar, penindakan, dan pemberdayaan masyarakat.
  2. Masyarakat harus menjadi konsumen cerdas agar terhindar dari obat dan makanan yang membahayakan kesehatan dan selalu waspada serta melaporkan pada pihak Badan POM RI, jika menemukan adanya pelanggaran atau dugaan tindak pidana khususnya kejahatan di bidang obat dan makanan
  3. Masyarakat tidak berwenang melakukan tindakan penggeledahan, penyitaan, atau bentuk apapun yang menjadi kewenangan pemerintah dan penegak hukum. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak melakukan perbuatan main hakim sendiri, karena setiap tindakan harus berdasarkan peraturan perundang-undangan
  4. Pelaku usaha berkewajiban menjamin obat dan makanan yang diproduksi atau diedarkan aman, bermanfaat, dan bermutu.
  5. Pengawasan obat dan makanan adalah tanggung jawab bersama pemerintah termasuk penegak hukum, pelaku usaha, dan masyarakat sesuai tugas dan kewenangannya masing-masing.

 

Kepada masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Contact Center HALO BPOM di nomor telp. 1-500-533, SMS 0-8121-9999-533, email halobpom@pom.go.id, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.