Profil

Profil Deputi I

Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif

Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes

Lahir di Jakarta pada tanggal 16 Oktober 1964, Dra. Rita Endang, Apt, M.Kes resmi menjadi sebagai Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif Badan Pengawas Obat dan Makanan pada tanggal 6 Agustus 2019. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Pengawasan Produksi Obat, Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor Badan Pengawas Obat dan Makanan periode September 2018 hingga Agustus 2019. Selain itu, beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Pengawasan Keamanan, Mutu, dan Ekspor Impor Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif (2017 – September 2018) dan sebagai Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan (2015 – 2017).

Ibu dari 2 (dua) orang anak ini menempuh pendidikan S1 Farmasi dan pendidikan Profesi Apoteker di Universitas Indonesia. Beliau melanjutkan pendidikannya di program pasca sarjana dan memperoleh gelar Magister Kesehatan dari Universitas Indonesia. Beberapa pendidikan dan pelatihan teknis dan fungsional pernah diikuti sejak tahun 1997. Demikian juga pelatihan dalam bidang komunikasi dan kepemimpinan.

Dalam perjalanan karirnya beberapa prestasi telah diraih beliau, diantaranya telah mengharumkan nama Badan POM sebagai Peringkat I dalam Indeks Keamanan Informasi (KAMI). KAMI adalah Hasil Assesment menunjukkan penerapan ISO 27001:2013 dengan nilai 634 dengan kategori Strategis. Pada tahun 2017, beliau mengusung suatu aplikasi bernama SMART BPOM untuk pengawasan obat dan makanan yang lebih efektif sebagai sarana dalam melakukan pelaporan hasil pengawasan obat dan makanan yang direkomendasikan Badan POM kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, atas capaian tersebut Lembaga Administrasi Negara memberikan penghargaan kepada beliau sebagai Prestasi Terbaik I.

Atas pengabdian beliau, Negara telah memberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya XX (Perak) tahun 2016 dari Presiden Republik Indonesia.