Berita Aktual

Amankah Produk Pangan yang Telah Melewati Tanggal Kedaluwarsa

16 September 2016 17:32 WIB Dilihat 3379 Kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

 AMANKAH PRODUK PANGAN YANG TELAH MELEWATI TANGGAL KEDALUWARSA?

 

Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Terkadang pangan yang kita konsumsi adalah pangan olahan atau pangan dalam kemasan yang mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada kemasan. Namun, pada kesehariannya kita sering lupa tidak memperhatikan tanggal kedaluwarsa atau membeli suatu produk pangan dalam jumlah banyak yang hampir habis masa kedaluwarsanya. Lalu apa yang harus kita ketahui tentang pangan? Apa yang harus kita lakukan jika makanan kita kedaluwarsa? Apakah pangan tersebut tetap aman untuk dikonsumsi?

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 menjelaskan bahwa Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman. Sedangkan pangan olahan adalah makanan atau minuman hasil proses dengan cara atau metode tertentu dengan atau tanpa bahan tambahan, termasuk pangan olahan tertentu, bahan tambahan pangan, pangan produk rekayasa genetik dan pangan iradiasi.

Pangan olahan harus memenuhi kriteria keamanan, mutu, dan gizi. Mutu dari suatu pangan terjamin selama belum melewati masa kedaluwarsa. Menurut Permenkes No. 180/Men.Kes/PER/IV/1985, tanggal kedaluwarsa adalah batas akhir suatu makanan dijamin mutunya sepanjang penyimpanannya mengikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen. Sedangkan makanan kedaluwarsa adalah makanan yang telah lewat tanggal kedaluwarsa.

 

Mutu dan Keamanan Pangan

 

Masa Kedaluwarsa

 

Tips Memilih Produk Pangan yang Aman di Konsumsi

 

 

 

Pusat Informasi Obat dan Makanan