Berita Aktual

Badan POM Dukung Pengembangan Obat Bahan Alam untuk Daya Tahan Tubuh

4 Agustus 2017 13:11 WIB Dilihat 860 Kali Hukmas

JAKARTA - Seiring berjalannya waktu, jamu telah bermetamorfosis menjadi produk herbal yang lebih praktis, inovatif, dengan jangkauan manfaat yang lebih luas baik untuk preventif, kuratif, rehabilitatif, maupun promotif. “Sudah sepatutnya jamu dikembangkan menjadi komoditi yang kompetitif baik di tingkat lokal, regional, maupun global". Demikian disampaikan  Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen (Deputi II) Badan POM, Ondri Dwi Sampurno saat membuka seminar ilmiah “Potensi Pengembangan Obat Bahan Alam untuk Daya Tahan Tubuh” di kantor Badan POM Jakarta (03/08).

Dilihat dari pola tren produk obat tradisional berdasarkan kelompok khasiat/manfaat terbanyak periode tahun 2015 - Juli 2017, menunjukkan bahwa produk dengan khasiat untuk daya tahan tubuh masih menempati urutan terbanyak yang diminati pendaftar. “Diharapkan seminar ini akan menambah wawasan dan pengetahuan dalam pemanfaatan serta pengembangan dan penelitian terkini obat bahan alam Indonesia terutama untuk tujuan meningkatkan daya tahan tubuh”, ungkap Ondri Dwi Sampurno.

Pengembangan jamu sangat membutuhkan dukungan dan sinergi semua pihak baik akademisi, bisnis, pemerintah, maupun komunitas. Untuk itu lah kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat tentang keamanan dan manfaat obat asli Indonesia. HM-Diyan

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat.