Berita Aktual

Tinjau Langsung ke Sarana Produksi, Kepala BPOM Pastikan Ikan Makerel dalam Kaleng Aman Dikonsumsi

14 April 2018 01:09 WIB Dilihat 1619 Kali Humas & DSP

Banyuwangi -  Jumat (14/03) Kepala BPOM, Penny K Lukito, bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Perindustrian melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi untuk meninjau sarana produksi ikan makerel kaleng, yang dalam hal ini diwakili oleh CV. Pacific Harvest. Tinjauan langsung ke sarana produksi ini dilakukan dalam rangka supervisi tindakan perbaikan yang telah dilakukan industri setelah dilaksanakannya audit komprehensif terpadu pada minggu lalu.

 

“Hal ini untuk memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa produksi ikan makerel kaleng telah dilakukan dengan mengikuti kaidah Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPB) dengan mengedepankan pengendalian titik-titik kritis sepanjang rantai produksi, dari penerimaan bahan baku hingga produk siap untuk diedarkan”, jelas Kepala BPOM.

 

Saat ini BPOM telah mencabut perintah penghentian sementara kegiatan sehingga industri pangan terdampak dibolehkah kembali melakukan proses produksi ikan makerel dalam kaleng dengan menerapkan prosedur-prosedur yang telah diperbaiki sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Setelah melakukan tinjuan bersama hasil perbaikan tersebut,  Kepala BPOM menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan produk ikan makerel dalam kaleng karena sudah melewati proses produksi yang baik dan sesuai dengan standar yang berlaku.

 

Kepala BPOM menyampaikan bahwa kejadian ini menjadi pembelajaran bagi kita semua bahwa penjaminan keamanan dan mutu pangan menjadi tuntutan masyarakat. "Oleh karena itu, industri selaku penanggung jawab utama keamanan pangan harus terus mengantisipasi tantangan keamanan dan mutu pangan", ujar Penny K. Lukito.

 

Kepala BPOM berharap bahwa tidak akan ada kejadian serupa di masa yang akan datang dan jaminan terhadap keterpenuhan hak masyarakat untuk mendapatkan pangan yang aman, bermutu dan bergizi dapat kita laksanakan dengan baik.

 

Kunjungan kerja kemudian dilanjutkan pertemuan dengan Bupati Banyuwangi. Memperhatikan kesuksesan model pelayanan publik yang dilakukan di Kabupaten Banyuwangi, Kepala BPOM menyampaikan bahwa BPOM akan bergabung dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam pelayanan publik, diantaranya registrasi dan pembinaan di bidang obat dan makanan. HM- Rahman

 

Biro Humas dan Dukungan Strategis Pimpinan