Berita Aktual

Advokasi Lintas Sektor dalam Rangka Program KPD dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya

15 Mei 2018 14:07 WIB Dilihat 222 Kali Balai Besar/Balai POM » Banjarmasin

Advokasi Lintas Sektor dalam Rangka Program KPD dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya

 

Bertempat di aula kantor Badan PenelitiandanPembangunan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, telah diselenggarakan pertemuan advokasi lintas sektor dalam rangka Program Keamanan Pangan Desa dan Program Pasar Aman dari Bahan Berbahaya yang pada tahun 2018 ini dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Pertemuan dibuka langsung oleh Plt. Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan H. Ardiansyah, S. Hut, yang dihadiri peserta dari seluruh SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yaitu Dinas Kesehatan, Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Camat, Lurah, Kepala Desa, Puskesmas, Pramuka dan Tim Penggerak PKK. Sebagai narasumber adalah Kepala BBPOM di Banjarmasin Dr. H. Muhammad Guntur, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Terpilihnya tiga desayang diintervensi keamanan pangan desa tahun 2018 adalah berdasar dari Surat Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada bulan Desember tahun 2017 yang lalu, yang menyebutkan bahwa Desa Kapuh, Desa Telaga Bidadari dan Desa Wasah Hilir siap dibina oleh BBPOM di Banjarmasin terkait keamanan pangan. Selain desa, program pasar aman juga sekaligus mengintervensisalah satu pasar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yaitu Pasar Kandangan.

Advokasi lintas sektor ini merupakan tahap awal dari pelaksanaan program keamanan pangan desa dan program pasar aman. Diharapkan komitmen bersama dari semua SKPD untuk mendukung dan memfasilitasi penerapan praktek keamanan pangan baik di desa maupun pasar dengan penetapan kesepakatanakan tindak lanjut program. Keluaran dari kegiatan ini adalah terbentuknya kader keamanan pangan, penerapan praktek keamanan pangan secara mandiri serta terwujudnya Desa Pangan Aman dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya.

‘Kader di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, siap menjaga pangan selalu aman’

 

BBPOM BANJARMASIN