Berita Aktual

Penyuluhan UMKM Pangan

16 Mei 2018 12:18 WIB Dilihat 192 Kali Balai Besar/Balai POM » Banjarmasin

Penyuluhan UMKM Pangan

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong menyelenggarakan kegiatan sertifikasi produk pangan industri rumah tangga dengan mengundang Balai Besar POM di Banjarmasin sebagai salah satu narasumber pada tanggal 15-16 Mei 2018. Peserta adalah usaha kecil menengah di bidang pangan yang berada di wilayah Kabupaten Tabalong. Materi yang disampaikan mulai dari peraturan terkait pangan dan bahan berbahaya, keamanan pangan, BTP, label, higiene sanitasi, CPPB-IRT dan kemasan.

Informasi yang diberikan juga berfokus pada cara membaca nomor izin edar, penambahan BTP pada produk yang diolah, cara penentuan tanggal kedaluwarsa, cara penentuan kode produksi serta tujuan pencantumannya, informasi tentang labelserta sosialisasi Cek KLIK.

Pentingnya suatu produk pangan terdaftar secara resmi mendorong pelaku usaha untuk peduli dan bertanggungjawab akan keamanan dan mutu pangan yang diolah. Perlindungan kepada konsumen lebih diutamakan sehingga pangan yang beredar di pasaran memang tidak mengandung bahan berbahaya atau tidak mengandung bahan tambahan pangan yang tidak melebihi takaran sesuai ketentuan.

‘Majukan industri rumah tangga pangan, agar produk yang beredar terjamin aman’

 

BBPOM BANJARMASIN