Berita Aktual

BBPOM Manado Jamin Keamanan Obat Beredar melalui Tenaga Pengawas Berkompeten

17 Mei 2018 11:14 WIB Dilihat 215 Kali Balai Besar/Balai POM » Manado

Sistem pengawasan obat dan makanan memerlukan upaya yang berkesinambungan dari aparat yang berwenang untuk menjamin keamanan obat dan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat. Dalam pelaksanaannya BBPOM di Manado perlu bersinergi dengan instansi terkait dalam upaya pengawasan sarana pelayanan kefarmasian di kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara.

Untuk meningkatkan kompetensi petugas di sarana pelayanan farmasi demi menjamin mutu, keamanan dan keabsahan produk obat di sarana distribusi dan pelayanan kefarmasian dilaksanakan Training of Trainer (ToT) Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) kepada tenaga pengawas sarana pelayanan kefarmasian di 6 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara yaitu Kota Kotamobagu, Kab. Bolaang Mongondow, Kab. Bolaang Mongondow Timur, Kab. Bolaang Mongondow Utara, Kab. Bolaang Mongondow Selatan dan Kab. Minahasa Tenggara.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Balai Besar POM di Manado Dra Rustyawati,Apt juga menghadirkan narasumber dari Direktorat Pengawasan Distribusi dan Pelayanan Obat, Narkotika, Psikotropik dan Prekursor Badan POM RI dilaksanakan pada tanggal 2 – 4 Mei 2018 di Manado Quality Hotel. Praktek kerja lapangan langsung ke sarana pelayanan kefarmasian juga dilakukan para peserta untuk lebih mengasah kemampuan dalam menjalankan tugas sebagai tenaga pengawas.

Tenaga pengawas berkompeten menjadi jaminan keamanan obat yang beredar di Provinsi Sulawesi Utara.

BBPOM di Manado