Berita Aktual

Pastikan Obat dan Makanan Aman dengan Cek KLIK

22 September 2018 22:50 WIB Dilihat 7431 Kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Memastikan produk obat dan pangan yang beredar di masyarakat merupakan produk yangg terstandar dan layak dikonsumsi menjadi salah satu tugas Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam mewujudkan visinya meningkatkan kesehatan masyarakat.

 

Pusat Data dan Informasi Obat dan  Makanan bersama Balai Besar POM di Semarang serta lintas sektor terkait, berupaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dengan mengagngkat tema "Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE Pengawasan Obat dan Makanan". Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 22 September 2018 di kota Pemalang dengan salah satu narasumber anggota Komisi IX DPR RI, Dra. Dewi Aryani,M.Si. 

 

Kegiatan KIE di Kota Pemalang yang dihadiri oleh ratusan masyarakat setempat diselenggarakan di gedung serbaguna yayasan Dharma Bhakti. Dibuka oleh Kepala Dinas Kabupaten Pemalang yang diwakili oleh Achmad Saifudin, mengajak masyarakat untuk selalu hidup sehat karena kesehatan bukanlah segala galanya tetapi segalanya tidak berarti tanpa kesehatan. 

 

Kepala Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan, Roby Darmawan,M.Eng, mengedukasi masyarakat untuk dapat memastikan keamanan produk obat dan makanan dengan cara menerapkan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa). Masyarakat dapat memastikan produk yang akan dikonsumsi adalah produk aman melalui Aplikasi Cek BPOM, serta dengan mengakses website Badan POM di www. pom.go.id, masyarakat dapat memperoleh informasi yang aktual terkait pengawasan Obat dan Makanan.

 

Dra.Aryanti, M.Si, Apt, selaku Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen  Balai Besar POM di Semarang, mengajak masyarakat untuk melakukan  upaya pencegahan dengan menjadi konsumen yang cerdas. Mendapatkan produk obat dan makanan yang teregistrasi di tempat yang memiliki ijin resmi, merupakan langkah masyarakat untuk ikut serta bersama BPOM  meingkatkan kesehatan masyarakat.

 

Kedua narasumber mengajak untuk  melakukan Cek KLIK dalam memilih Obat dan Makanan serta mencari informasi yang terpercaya dari sumber yang terpercaya.  Masyarakat dapat menghubungi Contact Center HaloBPOM 1500533.

 

Menutup kegiatan KIE di Pemalang, Dr. Dewi Aryanti,M.Si, menghimbau untuk menjadi konsumen cerdas, mulai menerapkan Cek KLIK dan dapat disebarluaskan ke seluruh masyarakat.