Berita Aktual

Pembekalan Para Inspektur Kantor BPOM di Kabupaten/Kota, Langkah Awal Tingkatkan Pengawasan Sarana Distribusi di Seluruh Pelosok Negeri

6 Desember 2018 14:24 WIB Dilihat 821 Kali Humas & DSP

Jakarta – “Sarana distribusi dan sarana pelayanan kefarmasian dalam kerangka rantai distribusi obat, memiliki peranan penting dalam menjamin keamanan, khasiat, dan mutu obat. Pengawasan rantai distribusi obat sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan obat di masyarakat dan peredaran obat ilegal termasuk palsu.” Demikian disampaikan Plt. Deputi I Bidang Pengawasan Obat dan NAPPZA, Reri Indriani saat membuka Workshop Pengawasan Sarana Distribusi dan Pelayanan Bagi Kantor BPOM di Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, Kamis (6/12).

 

Hasil pengawasan BPOM menunjukkan potensi terjadinya penyalahgunaan obat dan peredaran obat ilegal termasuk palsu di kabupaten/kota cukup tinggi. Salah satu alasannya ialah para pelaku cenderung berpikir bahwa lokasi mereka jauh dari jangkauan Balai Besar POM/Balai POM yang terletak di ibu kota provinsi.

 

Untuk itulah, BPOM meningkatkan cakupan pengawasan di daerah yaitu dengan pembentukan Kantor POM di kabupaten/kota, sehingga dapat lebih menjangkau wilayah yang jauh dari ibu kota provinsi. Diharapkan perluasan cakupan pengawasan ini dapat meningkatkan kepatuhan sarana distribusi dan sarana pelayanan kefarmasian. “Selain juga melakukan pembinaan dan pendampingan guna meningkatkan kepatuhan pelaku usaha,” lanjut Reri Indriani.

 

Untuk itulah diperlukan pembekalan bagi petugas pengawas obat dan makanan agar terbentuk SDM yang handal dan tangguh guna menghadapi tantangan dan permasalahan dalam pendistribusian obat. Peranan Inspektur sangat diperlukan dalam mengawasi peredaran obat agar lebih efektif dan efisien. Dengan adanya workshop ini, diharapkan para inspektur dapat meningkatkan kepatuhan sarana dalam pemenuhan terhadap peraturan dan pedoman yang berlaku sebagai pengawalan terhadap implementasi mandatory Sertifikasi CDOB. (HM-Diyan)

 

Biro Humas dan Dukungan Strategis Pimpinan