Berita Aktual

PMDA-ATC PHARMACEUTICAL REVIEW SEMINAR 2019

30 Januari 2019 14:03 WIB Dilihat 689 Kali Obat

JAKARTA, 28 - 31 JANUARI 2019

Pharmaceutical Review Seminar merupakan bentuk kerjasama capacity building di bidang pengawasan obat antara Badan POM dengan Pharmaceutical and Medical Devices Agency (PMDA) Jepang, seminar ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut kunjungan Kepala Badan POM ke PMDA pada tahun 2017.

Pharmacetical Review Seminar dibuka oleh Dra. Reri Indriani, Apt, M.Si sebagai Plt. Deputi Bidang Pengawasan Obat dan NAPPZA, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa seminar ini penting untuk dilaksanakan karena bertujuan untuk memperoleh dan berbagi informasi terkait aspek regulatori di bidang obat baik yang berlaku di Jepang maupun di Indonesia. Untuk selanjutnya dapat diterapkan dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik di BPOM.

Seminar ini dilaksanakan selama 4 hari di Jakarta pada tanggal 28 – 31 Januari 2019 diikuti oleh 48 peserta yang terdiri dari perwakilan 29 Balai Besar/Balai POM seluruh Indonesia dan 8 Unit Kerja Badan POM Pusat. Topik yang dibahas antara lain Uji Klinik, Uji Toksikologi, Good Laboratory Practices, Good Clinical Practices, Farmakovigilan, dan juga Evaluasi Obat Baru, Biosimilar, Obat Generik. Topik-topik tersebut sangat penting mengingat kaitannya dengan peningkatan kapasitas regulatori dalam rangka penguatan pengawasan obat. Selain itu, seminar ini merupakan bukti konkrit perwujudan eratnya kerjasama Indonesia dengan Jepang dalam hal pengawasan obat.

Berkenaan dengan regulatori obat di Indonesia, pada seminar ini juga akan membahas beberapa topik terkait regulasi dan implementasinya dalam melaksanakan pengawasan obat di Indonesia. Topik ini disampaikan oleh pembicara dari internal Badan POM. Sesi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi seluruh peserta seminar yang berasal dari berbagai unit kerja di Badan POM dengan latar belakang beragam.

 

Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan