Berita Aktual

Bersama Menjaga Keamanan Pangan di Lingkungan Sekitar Kita

22 Maret 2019 20:52 WIB Dilihat 406 Kali Humas & DSP

Banda Aceh – SDN 24 Banda Aceh, SMPN 19 Percontohan, dan SMA Fatih Bilingual School Aceh merupakan 3 dari 14 sekolah yang telah mendapatkan Piagam Bintang Keamanan Pangan – Kantin Sekolah (PBKP-KS) dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Banda Aceh.

 

PBKP-KS adalah piagam penghargaan yang diberikan oleh Badan POM kepada sekolah yang telah menyelenggarakan keamanan pangan kantin sekolah dengan baik atau dalam proses audit PBKP-KS Badan POM bernilai baik. Kepala Badan POM, Penny Penny K. Lukito menjelaskan bahwa sekolah penerima PBKP-KS sebelumnya telah mendapatkan bimbingan dan pembinaan dari Badan POM, termasuk pengelola kantin, guru, dan siswa.

 

“Setelah itu sekolah diharapkan membentuk Tim Keamanan Pangan Sekolah (TKPS) untuk melakukan internalisasi kepada komunitas sekolah dan melakukan manajemen/pengelolaan kegiatan bidang keamanan pangan di sekolah masing-masing sebagai bentuk implementasi dari materi bimtek PBKP-KS,” ungkap Penny K. Lukito.  “Hal ini juga menjadi jaminan keberlanjutan program pasca pemberian PBKP-KS,” lanjutnya.

 

Lebih lanjut Penny K. Lukito menyampaikan bahwa dukungan Pemerintah Daerah setempat seperti Sanitarian-Puskesmas dan Pengawas Pendidikan juga sangat berperan dalam membimbing sekolah dalam menerapkan prinsip keamanan pangan di lingkungan sekolah. “PBKP-KS ini masuk dalam Program Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah yang merupakan Proyek Prioritas Nasional,” ujarnya.

 

Ada 7 proses pemberian PBKP-KS, yaitu:

  1. Pengelola kantin sekolah mengikuti Pelatihan PBKP-KS
  2. Pengelola kantin sekolah melatih karyawan dan membahas hasil evaluasi pelatihan
  3. Pengelola kantin sekolah mencatat karyawan yang sudah dilatih
  4. Sesudah semua karyawan mengikuti pelatihan dan menerapkannya di kantin sekolah, pengelola kantin/kepala sekolah melapor kepada Balai Besar/Balai POM setempat
  5. Auditor Piagam Bintang Keamanan Pangan Balai Besar/Balai POM memverifikasi pelaksanaan pelatihan dan mengaudit sarana produksinya. Jika tidak memenuhi syarat ulangi tahap yang belum memenuhi syarat
  6. PBKP-KS diserahkan kepada kepala sekolah
  7. Auditor Piagam Bintang Keamanan Pangan Balai Besar/Balai POM akan memantau kantin sekolah secara berkala. Bila standar tidak dipenuhi, maka PBKP-KS akan dicabut.

 

Mengapa pelatihan keamanan pangan diperlukan? Kepala Badan POM mengungkapkan bahwa pengetahuan keamanan pangan dapat membantu komunitas sekolah untuk memahami dan mempraktikkan prinsip-prinsip keamanan pangan di sekolah sehingga terhindar dari bahaya yang dapat mengganggu kesehatan. “Keamanan pangan adalah tanggung jawab bersama. Mari sama-sama kita menjaga keamanan pangan di lingkungan sekitar kita,” tutup Kepala Badan POM.

 

Daftar sekolah penerima PBKP-KS di Banda Aceh

1.            SDN 01 Banda Aceh

2.            SDN 20 Banda Aceh

3.            SDN 24 Banda Aceh

4.            SDN 50 Banda Aceh

5.            SDN 67 Banda Aceh

6.            MIN 3 Banda Aceh

7.            SDN Unggul Lampenerut

8.            MTS Darul Ulum

9.            SMPN 19 Percontohan

10.          SMPN 01 Banda Aceh

11.          SMPN 02 Banda Aceh

12.          SMAN 4 DKI

13.          SMA Fatih Bilingual School Aceh

14.          SMAN 1 Lhoknga