Berita Aktual

Menuju Organisasi yang Lebih Baik, Badan POM Tingkatkan Engagement Pegawai

25 Maret 2019 15:17 WIB Dilihat 840 Kali Humas & DSP

Jakarta – 64 orang pejabat struktural Pimpinan unit kerja di Badan POM dan Kepala Balai Besar/Balai POM/Loka POM hadir di Hotel Borobudur Jakarta untuk mengikuti Sosialisasi Hasil Survei Opini Pegawai Tahun 2018, Senin (25/03). Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan selama dua hari ini merupakan salah satu upaya peningkaran engagement pegawai Badan POM.

 

Sosialisasi ini bertujuan agar peserta dapat memahami dan memiliki awareness akan pentingnya engagement pegawai terhadap kinerja organisasi. Berdasarkan hasil survei, harus segera dilakukan upaya perbaikan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan engagement dan komitmen pegawai di masing-masing unit kerja.

 

Saat membuka secara resmi kegiatan sosialisasi, Kepala Badan POM, Penny K. Lukito menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan survei opini pegawai yang dilaksanakan Biro Umum dan Sumber Daya Manusia. “Survei ini merupakan upaya manajemen untuk perbaikan organisasi yang lebih tepat sesuai kebutuhan dan harapan pegawai," ungkap Kepala Badan POM.

 

Penny K. Lukito menjelaskan bahwa untuk meningkatkan engagement pegawai, organisasi harus memperhatikan persepsi pegawai atas dukungan/kepedulian yang mereka dapatkan dari organisasi. “Organisasi perlu menetapkan kebijakan terkait SDM dan implementasi kebijakan yang berpihak pada pegawai sehingga tingkat engagement pegawai semakin tinggi,” ujar Kepala Badan POM. “Engagement bukan hanya berupa sikap tetapi mencakup komponen kognitif, emosi, dan perilaku yang ditunjukkan melalui performa individu. Engagement mendorong pegawai bekerja lebih dari yang diharapkan sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam kesuksesan organisasi,” lanjutnya.

 

Hasil Opini Pegawai Tahun 2018 ini menjadi dasar penyusunan roadmap engagement pegawai Badan POM sesuai kebijakan dan kebutuhan organisasi. "Saya meminta kepedulian, komitmen dan konsistensi seluruh pihak terutama pimpinan unit kerja dalam mengimplementasikan roadmap tersebut," imbuh Penny K. Lukito.

 

Engagement pegawai merupakan program jangka panjang dan proses berkelanjutan. Program ini memerlukan interaksi dan keterlibatan seluruh SDM Badan POM sehingga tumbuh rasa memiliki/keterikatan dan keadaan saling membutuhkan. "Saya, sebagai Kepala Badan POM, memberi perhatian khusus dan mendukung penuh upaya-upaya yang akan dilakukan sehingga engagement pegawai Badan POM meningkat signifikan," ujar Penny K. Lukito menutup sambutannya. (HM-Chandra)

 

Biro Hubungan Masyarakat dan Dukungan Strategis Pimpinan