Berita Aktual

LOKA POM DI KABUPATEN TANAH BUMBU TINGKATKAN PENGETAHUAN MASYARAKAT PELAKU USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA PANGAN

25 Juni 2019 20:45 WIB Dilihat 103 Kali Balai Besar/Balai POM » Loka POM di Kab. Tanah Bumbu

Loka Pengawas Obat dan Makanan di Kabupaten Tanah Bumbu ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pelatihan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang bertempat di Aula Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kotabaru. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru ini dilaksanakan selama 3 hari berturut - turut pada tanggal 25 hingga 27 Juni 2019. 

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru dengan penyaji materi dari Loka POM di Kabupaten Tanah Bumbu mengenai Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik Bagi IRT (Industri Rumah Tangga). Selain itu materi juga diberikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kotabaru serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Kotabaru.

Peserta yang hadir terdiri dari pedagang kaki lima dan pengelola IRT - P sebanyak 45 orang peserta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu dan keamanan pangan serta kelayakan konsumsi produk pangan dari Industri Rumah Tangga. Diharapkan setelah selesai pelatihan, peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh sehingga dapat memproduksi dan menghasilkan produk yang aman, bermutu serta layak konsumsi sesuai peraturan perundang - undangan.

Loka POM di Kabupaten Tanah Bumbu menghimbau masyarakat untuk selalu melakukan CEK KLIK yaitu Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa sebelum membeli produk obat dan makanan. Selain itu, masyarakat juga dihimbau agar waspada terhadap makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya.