Berita Aktual

Working Group Discussion Penyusunan Master Plan TIK Badan POM 2020 - 2024

27 Juni 2019 13:04 WIB Dilihat 489 Kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Tangerang. Keselarasan bisnis dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) membutuhan transformasi digital yang akan mempercepat terjadinya transformasi organisasi. Hal tersebut mendukung terwujudnya Pemerintahan berbasis elektronik sesuai Peraturan Presiden No.95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selaras degan tujuan Pemerintah saat ini yaitu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, meningkatkan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan.

Transformasi digital mencakup keseluruhan komponen organisasi yaitu Bisnis Teknologi dan Sumber Daya Manusia (SDM). Penerapan tranformasi digital di BPOM diperlukan untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka Badan POM melaksanakan Working Group Discussion bersama seluruh unit kerja pusat di Badan POM dalam melakukan penyusunan Master Plan atau Roadmap TIK.

Penyusunan Master Plan TIK ini dilaksanakan di Hotel Swissbell Cengkareng pada 25 – 28 Juni 2019. Kegiatan yang dibuka oleh Plt. Kepala Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan, Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes dihadiri oleh 28 (dua puluh delapan) unit teknis yang mewakili keseluruhan bisnis proses yang ada di Badan POM. Dalam sambutannya, Ibu Rita Endang menyampaikan bahwa saat ini TIK merupakan pendukung utama dalam melaksanakan semua komponen untuk tercapainya kinerja yang optimal, selaras dengan tujuan organisasi. Disampaikan pula bahwa diperlukan komitmen bersama seluruh unit kerja untuk menyusun master plan TIK 2020 – 2024, sehingga dapat mewujudkan roadmap TIK terintegrasi yang selaras dan mendukung bisnis proses Badan POM.

Master Plan TIK merupakan rencana strategis Teknologi Informasi (TI) yang dapat digunakan untuk pengembangan TI dalam mendukung pengawasan Obat dan Makanan. Penyusunan Master Plan TIK ini perlu melibatkan seluruh unit kerja agar kedepannya dapat diimplementasikan di seluruh bisnis proses Badan POM. Komitmen peserta dalam  penyusunan master plan TIK yang optimal menjadi output kegiatan Working Group Discussion Penyusunan Master Plan TIK Badan POM 2020 – 2024.