Berita Aktual

BIMTEK KADER GERAKAN KEAMANAN PANGAN DESA ( GKPD ) 2019 DI KABUPATEN BERAU

19 Agustus 2019 14:13 WIB Dilihat 63 Kali Balai Besar/Balai POM » Samarinda

Untuk mempersiapkan kader di pedesaan menjadi agent keamanan pangan di desa, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Samarinda memberikan Bimbingan Teknis kepada 66 kader di 3 kelurahan dan kampung di Kabupaten Berau, yaitu Kampung Maluang,  Kelurahan Bugis dan Kelurahan Gunung Panjang.

Bimtek Kader yang dilaksanakan tiga hari berturut-turut di 3 kelurahan dan kampung tanggal 13 hingga 15 Agustus 2019, diikuti oleh  para Kader dari tiap desa yang direkomendasikan oleh Kepala Desa/Lurah untuk menjadi kader keamanan pangan desa (KKPD), meliputi:

Ibu PKK, Guru/Pramuka dan Karang Taruna serta ,Tenaga PKP/DFI desa terkait.

Dalam bimtek ini para kader dan tenaga PKP/DFI dibekali pengetahuan tentang keamanan pangan, meliputi kunci keaman pangan, bahan pangan, kiat-kiat keamanan pangan, keracunan dan materi-materi penting lainnya.

Selain materi tersebut, para peserta juga diberikan informasi tentang cara menguji bahan-bahan berbahaya yang terdapat dalam produk pangan menggunakan  Test Kit. di bagian akhir bimtek, dilakukan penyerahan satu paket Test Kit untuk pengujian Rhodamin B, Formalin, Methanyl Yellow dan Boraks kepada Kepala Kampung dan Lurah setempat.

Pelatihan ini diharapkan dapat membekali kader dengan pengetahuan tentang keamanan pangan sehingga kader dapat mendampingi komunitas desanya dalam menerapkan prinsip keamanan pangan. Selain itu juga, agar kader dapat melakukan pengawasan agar tidak terjadi penyimpangan pada praktek keamanan pangan dilingkungannya.

Melalui pelatihan ini diharapkan kompetensi kader desa tentang keamanan pangan dapat ditingkatkan sehingga dapat terus mengawal pelaksanaan keamanan pangan di desa secara berkelanjutan