Berita Aktual

Belanja Aman dengan CEK KLIK

8 September 2019 01:20 WIB Dilihat 9014 Kali Kerjasama dan Humas

Jakarta - Penampilan band yang disuguhkan di area Avenue of The Stars, Lippo Mall Kemang membuat semakin maraknya suasana. Malam itu, tak hanya hiburan yang disuguhkan, edukasi terkait pemilihan dan pembelian Obat dan Makanan yang aman, turut dihadirkan sebagai bagian dari peluncuran Program Nasional "Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja," Sabtu (07/09).

 

Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa) merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat agar terhindar dari Obat dan Makanan yang berbahaya dan/atau tidak memenuhi syarat. Dengan Cek KLIK, konsumen mempunyai kendali penuh untuk memperhatikan Obat dan Makanan yang beredar, khususnya di pusat perbelanjaan yang memiliki banyak counter ritel. Upaya edukasi ini tak hanya digencarkan Badan POM kepada masyarakat, namun juga pelaku usaha dan lintas sektor terkait termasuk asosiasi dan lembaga sosial masyarakat.

 

"Adanya edukasi di pusat perbelanjaan ini merupakan salah satu cara membentuk konsumen yang cerdas dan berdaya dalam melindungi diri sendiri, keluarga dan lingkungannya," ungkap Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito saat memberikan materi talkshow edukasi Cek KLIK kepada para pengunjung mall. "Sinergi untuk edukasi juga turut dihadirkan dengan pemasangan materi edukasi Cek KLIK pada display counter di sarana ritel seluruh Indonesia bersama Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo)," lanjutnya.

 

Sebagaimana diketahui, Badan POM telah bekerja sama dengan Aprindo yang merupakan asosiasi pelaku usaha yang memiliki pengurus daerah di 34 (tiga puluh empat) provinsi di seluruh Indonesia dan beranggotakan 40.000 (empat puluh ribu) ritel modern kecil hingga besar. Salah satu wujud nyata sinergisme Badan POM dengan Aprindo adalah pemasangan materi edukasi Cek KLIK pada display counter di sarana ritel seluruh Indonesia, termasuk di Lippo Kemang ini.

 

Edukasi yang dikemas dalam bentuk talkshow ini juga menghadirkan Veri Anggriono Sutiarto, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan; Tulus Abadi, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI); dan Ussy Sulistiawaty yang membahas cara menjadi konsumen cerdas dan berdaya. Acara ini dipandu oleh Ananda Omesh, salah satu presenter terkenal Indonesia. Dalam talkshow ini dibahas mengenai hak-hak konsumen, peran pemerintah dan kewajiban pelaku usaha dalam memberikan perlindungan bagi konsumen, peran Badan POM dalam pengawasan Obat dan Makanan, serta konsumen cerdas dan berdaya.

 

Kepala Badan POM menjelaskan bahwa Program Nasional “Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja!” ini merupakan langkah awal. Kedepan, akan terus dilakukan berbagai program lain bersama pelaku usaha dan lintas sektor untuk melindungi masyarakat dengan lebih optimal.

 

"Keterlibatan pelaku usaha ritel ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab pelaku usaha dalam memberikan perlindungan konsumen berupa penyediaan produk yang aman dan berkualitas serta edukasi bagi konsumen di sarana ritel.” tutup Penny K. Lukito mengakhiri talkshow. (HM - Devi)

 

Biro Hubungan Masyarakat dan Dukungan Strategis Pimpinan