Berita Aktual

Audit Surveillance QMS 9001:2015 pada Balai Besar POM di Mataram

20 September 2019 15:05 WIB Dilihat 125 Kali Balai Besar/Balai POM » Mataram

Pada tanggal 16 – 17 September 2019, dilakukan kegiatan audit surveillance terhadap kesesuaian sistem manajemen mutu yang diterapkan Balai Besar POM di Mataram berdasarkan Standar SNI ISO 9001:2015. Audit surveillance dilakukan oleh Bapak Erfi Ilyas sebagai assesor dari lembaga eksternal TUV Rheinland.

Kegiatan audit surveillance tersebut diawali dengan Open Meeting yang dibuka oleh Kepala Balai Besar POM di Mataram Ibu Dra. Ni GAN Suarningsih, Apt., M.H. dan dilanjutkan dengan penyampaian jadwal audit surveillance oleh Bapak Erfi Ilyas selaku assessor. Dalam Open Meeting tersebut Kepala Balai Besar POM di Mataram dan assessor mengingatkan bahwa sesungguhnya kegiatan audit surveillance ini bukanlah hal yang sepantasnya untuk ditakuti, namun merupakan salah satu bentuk upaya dalam melakukan peningkatan nilai – nilai manajemen dan mutu pelayanan serta menjaga konsistensi penerapannya dalam pekerjaan sehari – hari sehingga performance Balai Besar POM di Mataram dapat menjadi lebih baik lagi.

Pada hari pertama, audit dimulai dengan wawancara Kepala Balai Besar POM di Mataram yang dilakukan oleh assessor sebagai bagian dari Top Management. Kegiatan dilanjutkan dengan audit administrasi dan dokumen dengan metode wawancara, observasi, sampling dan studi dokumentasi yang dimulai dari tim Management Representative, Bagian Tata Usaha dan Bidang Penindakan.

Hari kedua, dilanjutkan kegiatan audit pada Bidang Pengujian, Bidang Pemeriksaan serta Bidang Informasi dan Komunikasi. Audit diakhiri dengan Closing Meeting dengan agenda pembacaan hasil audit surveillance dilaksanakan pada pukul 15:30 WITA. Balai Besar POM di Mataram, dinyatakan berhasil mendapat rekomendasi untuk tetap memperoleh status tersertifikasi dengan standar SNI ISO 9001:2015 dengan nomor sertifikat 824 100 19076.

Sesuai hasil audit surveillance, assessor memberikan beberapa saran perbaikan berkelanjutan guna meningkatan penerapan nilai – nilai manajemen dan kualiatas mutu pelayanan Balai Besar POM di Mataram, serta assessor mengapresiasi berbagai temuan positif yang telah dilakukan Balai besar POM di Mataram dalam menunjang kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Semoga dengan status sertifikasi Quality Management System SNI ISO 9001:2015 membuat seluruh staf di Balai Besar POM di Mataram bertambah semangat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.