Berita Aktual

KIE PENYEBARAN INFORMASI, PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN BAGI UMKM PANGAN OLAHAN.

18 November 2019 13:49 WIB Dilihat 164 Kali Balai Besar/Balai POM » Mataram

Dalam rangka meningkatkan keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Loka POM di Kabupaten Bima mengadakan Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi UMKM Pangan Olahan di Gedung PKK Kabupaten Bima pada tanggal 16-17 November 2019. Peserta yang mengikuti acara penyuluhan sebanyak 50 orang yang terdiri dari 25 orang yang berasal dari Kecamatan Wawo dan 25 orang yang berasal dari Kecamatan Bolo. Dua kecamatan tersebut dikenal sebagai penghasil komoditi produk UMKM berupa bubuk kunyit dan pembuatan kue kering dan (jajan bunga).

Acara Penyuluhan Keamanan Pangan dibuka oleh Ibu Rostiati, S.Pd selaku Ketua GOW Kabupaten Bima, yang dilanjutkan oleh pemaparan materi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Bapak M. Farid S.Sos terkait Materi “Hygiene dan Sanitasi Sarana Produksi PIRT dan UMKM Penggerak Ekonomi Kerakyatan” serta “Materi Perundang-undangan bidang pangan, CPPB (Cara Prouksi Pangan yang Baik) IRT dan Penggunaan Bahan Tambahan Pangan”.

Padi Hari ke-2 diberikan pemaparan materi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima, Bapak Nuryakin ST, M.Si terkait materi “Tata Cara Desain Pengemasan Produk yang Baik dan Menarik untuk Mendongkrak Penjualan Produk”. Selanjutnya pemaparan materi oleh Pemilik Sarana Produksi Pangan Olahan “Kalin Food” Kota Bima, Ibu Hastin dengan topik “Strategi Pemasaran dan Penjualan yang Baik untuk Pelaku UMKM Pangan Olahan untuk Merambah Market Lokal dan Nasional”. Dan yang terakhir penyampaian materi oleh petugas Loka POM di Kabupaten Bima dengan materi “Label dan Iklan Pangan, Pengemasan dan Penyimpanan Produk dan Keamanan Pangan” dan “Pengenalan terkait aplikasi BPOM Mobile, Cek BPOM, BPOM e-Public Warning dan E-Registrasi Pangan.

Dengan dilakukan acara Penyuluhan Keamanan Pangan bagi UMKM Pangan Olahan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam produksi pangan yang aman dan bermutu serta UMKM mendapatkan kesempatan untuk memperoleh Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan dalam rangka pengajuan SPPIRT serta masyarakat terlindungi dari konsumsi pangan yang merugikan terhadap kesehatan.

 

“Keamanan Pangan Tanggung Jawab Kita Bersama”

“Badan POM Melindungi dan Melayani Masyarakat”

Kantor Badan POM di Kabupaten Bima

Kontak Kami :

Facebook            : Loka POM Bima

Instagram           : @lokapombima

Email                 : lokapomdikabbima@gmail.com

WA                    : 082235296800