Berita Aktual

Kembangkan Produk Obat Bioteknologi, Kepala Badan POM Apresiasi Kalbe Group

24 Januari 2020 15:59 WIB Dilihat 431 Kali Humas & DSP

Jakarta - “Komitmen dan kesungguhan Kalbe dalam pengembangan produk biologi dan pelaksanaan uji klinik yang baik, patut menjadi inspirasi bagi industri farmasi lokal untuk melakukan terobosan serupa.” Demikian diutarakan Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito di hadapan rekan-rekan media saat konferensi pers di Gedung Kalbe Jakarta, Jumat (24/01).

 

Saat ini Kalbe tengah melakukan pengembangan Obat Bioteknologi Paten untuk terapi anemia penyakit ginjal kronis, Efepoetin Alfa, yang sudah memasuki uji klinik fase 3. “Dalam pengembangan obat dan produk biologi, uji klinik merupakan tahapan paling berat dan membutuhkan biaya sangat besar,” ungkap Penny K. Lukito.

 

Karena itu, Badan POM berkomitmen mengawal hilirisasi riset dan inovasi produk di bidang farmasi sebagai komoditi yang turut memperkuat perekonomian Indonesia. Salah satunya dengan pembentukan Satuan Tugas Percepatan Pengembangan dan Pemanfaatan Obat dan Produk Biologi.

 

Lebih lanjut Penny K. Lukito menyampaikan bahwa Badan POM mengawal keamanan, khasiat, dan mutu obat secara konsisten sepanjang product life cycle. “Data pengembangan obat pre klinik maupun uji klinik menjadi dasar dalam keputusan pemberian marketing authorization untuk selanjutnya digunakan sebagai data dukung,” terangnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Presiden Komisaris Kalbe, Irawati Setiady juga mengutarakan ungkapan terima kasih atas dukungan Badan POM dalam melakukan kolaborasi uji klinik agar berjalan baik. Irawati Setiady menyatakan bahwa produk ini untuk cuci darah pasien penderita anemia. ”Kami akan melakukan ekspor ke beberapa negara partisipan clinical trial dan diharapkan pada tahun 2022 produk ini sudah bisa dikomersialkan,” ujarnya.

 

Badan POM akan terus memberikan dukungan dan pendampingan secara langsung bagi industri farmasi untuk memastikan proses pengembangan produk biologi berjalan dengan baik. Semoga sinergi dan kolaborasi pemerintah, peneliti, dan industri farmasi dalam hilirisasi riset produk biologi mempercepat riset dan pengembangan serta pemanfaatan obat dan produk biologi dari sumber daya lokal. Menghasilkan produk aman, berkhasiat, dan bermutu berdaya saing untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia maupun produk ekspor untuk masyarakat global.

 

“Diharapkan Kalbe Group selalu memegang teguh komitmen dalam memenuhi ketentuan regulasi terkini, meningkatkan mutu produk, serta mengembangkan kapasitas dan kapabilitas secara berkesinambungan.” tutup Kepala Badan POM. (HM-Rahman)

 

Biro Humas dan Dukungan Strategis Pimpinan