Berita Aktual

Kepala Badan POM: Seorang pemimpin harus kuat!

13 Februari 2020 17:11 WIB Dilihat 561 Kali Humas & DSP

Jakarta – Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito melantik 24 orang pejabat struktural eselon II, III dan IV di lingkungan Badan POM, Kamis (13/02). Pelantikan yang bertempat di Aula Gedung C Badan POM ini merupakan rotasi untuk men-challenge kecakapan dan integritas kepemimpinan jajaran Badan POM di tempat yang berbeda.

 

Dalam sambutannya, Kepala Badan POM menyampaikan harapannya agar dengan penugasan baru ini, pejabat yang dilantik dapat segera mempelajari situasi dan menyesuaikan diri, membuat terobosan program kegiatan yang mendukung kemudahan berusaha serta menyentuh masyarakat.

 

“Promosi dan rotasi ini diperlukan untuk mendorong peningkatan kinerja organisasi Badan POM. Seorang pejabat struktural harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang besar dan cepat. Seorang pemimpin itu harus kuat,” tegas Penny K. Lukito. Kekuatan pemimpin salah satunya dibentuk dengan ditempatkan di jabatan yang berbeda-beda.

 

“Libatkan kaum muda milenial Badan POM yang menjadi aset sangat potensial untuk membawa perubahan dan kemajuan serta beri mereka ruang dan kesempatan untuk menyumbangkan pemikiran dan ide-ide inovatif serta menunjukkan kiprah nyata dalam program kegiatan strategis di Badan POM,” lanjutnya.

 

Hal ini berkaitan dengan azas transparansi dalam pelayanan yang wajib diperhatikan yaitu ketepatan waktu, kecepatan, kemudahan, dan keterjangkauan. Untuk mewujudkannya, diperlukan inovasi yang tepat dan dapat diimplementasikan sehingga terasa manfaatnya oleh pelaku usaha dan masyarakat. Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa tugas Birokrasi adalah “making delivered” bukan hanya menjamin “sent”.

 

Di akhir sambutannya Kepala Badan POM menegaskan bahwa peran Badan POM sebagai Otoritas Pengendalian Obat dan Makanan di Indonesia sangat strategis dan penting dalam mendukung daya saing bangsa dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dan berkualitas. (HM-Faisal)

 

Biro Hubungan Masyarakat dan Dukungan Strategis Pimpinan

 

Lampiran SK Kepala Badan POM 12 Februari 2020