Berita Aktual

Meningkatkan Awareness Keamanan Obat dan Makanan dengan Cek KLIK

11 Maret 2020 08:38 WIB Dilihat 757 Kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Mandailing Natal - Sebagai bentuk perlindungan Badan POM dalam menjaga kesehatan masyarakat, Badan POM melaksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) bertema "Badan POM Hadir Melayani dan Melindungi Masyarakat". KIE dilaksanakan di Desa Kampung Padang, Panyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara pada hari Senin, 9 Maret 2020. KIE dihadiri oleh 250 orang masyarakat di desa tersebut.

Kepala Balai Besar POM Medan, I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa, menyampaikan tentang konsumsi pangan aman dan penggunaan obat secara tepat. Masyarakat diharapkan mengonsumsi makanan yang terbebas dari cemaran kimia, fisik dan mikrobiologis. Dalam memilih Obat dan Makanan dalam kemasan agar selalu melakukan cek kemasan, membaca label dengan teliti, cek ijin edar, serta memperhatikan tanggal kedaluwarsa produk.

Dalam kesempatan ini, Kepala Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan, Yudianto, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam melakukan cek ijin edar Obat dan Makanan. Teknologi informasi yang dimaksud, antara lain website cekbpom.pom.go.id atau menggunakan aplikasi CekBPOM dan BPOM Mobile. Ketika teknologi informasi tidak tersedia, masyarakat dapat mencari tahu legalitas nomor ijin edar dengan menghubungi contact center HaloBPOM.

KIE ini berkolaborasi dengan salah satu anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, yang menyampaikan kepada masyarakat untuk selalu memeriksa keamanan produk Obat dan Makanan sebelum digunakan, sehingga dapat mencegah risiko penyakit yang membahayakan kesehatan.

Dengan penyebaran informasi ini, diharapkan masyarakat lebih waspada dalam memilih dan menggunakan produk Obat dan Makanan. Selain itu, dapat meneruskan penyebaran informasi ini, sehingga lebih berperan dalam mencegah peredaran produk Obat dan Makanan yang membahayakan kesehatan.

 

Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan