Berita Aktual

BPOM di Palu Dukung Labkesda Menjadi Laboratorium Rujukan Pemeriksaan COVID-19

8 April 2020 17:09 WIB Dilihat 109 Kali Balai Besar/Balai POM » Palu

Rabu, tanggal 8 April 2020, Kepala Balai POM di Palu, Fauzi Ferdiansyah berkoordinasi dengan Kepala UPT Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Rudianto, dalam rangka membahas penggunaan alat PCR yang rencananya akan digunakan untuk pengujian spesimen virus corona. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut pertemuan dengan Gubernur Sulawesi Tengah dan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 di Sulawesi Tengah.

Pada kesempatan ini, Fauzi Ferdiansyah melakukan survei kesiapan Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah untuk menjadi laboratorium pemeriksaan COVID-19. Salah satunya persyaratan yang harus dipenuhi untuk pemeriksaan virus yaitu Biosafety Level 2 (BSL2). Balai POM di Palu mendukung dan akan membantu Laboratorium Kesehatan untuk dapat memenuhi biosafety level 2 (BSL2).

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah memesan PCR yang masih dalam proses pengiriman. Pengoperasian alat dan metode pengujian dan sumber daya manusia (tenaga pengujian) telah tersedia. Bangunan dan tata letak alat-alat telah dirancang untuk mempersiapkan laboratorium kesehatan ini sebagai laboratorium molekuler sesuai standar BSL2. Hal ini diharapkan mampu memudahkan dan mempercepat deteksi virus corona, sehingga dapat mencegah penyebaran lebih luas.

Fauzi Ferdiansyah meninjau langsung beberapa ruangan Laboratorium yang rencananya akan difungsikan sebagai laboratorium pengujian sampel virus corona dan memberikan masukan terkait rancangan laboratorium serta tata letak alat PCR.  Sehingga diharapkan dengan adanya diskusi dan kunjungan ini, Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah dapat segera melengkapi dan meningkatkan status laboratoriumnya agar memenuhi biosafety level 2 sehingga dapat menjadi rujukan pengujian spesimen virus corona.

Ayo #bersamalawanCOVID #IndonesialawanCOVID…..