Berita Aktual

Permintaan Pangan Olahan Maupun Pangan Siap Saji melalui Marketplace Diperkirakan Meningkat Tahun Ini

23 April 2020 17:00 WIB Dilihat 813 Kali Humas & DSP

Jakarta – Intensifikasi pengawasan pangan olahan selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri tahun 2020 ini bersamaan dengan terjadinya pandemi COVID-19. “Namun demikian, Badan POM tetap melaksanakan tugasnya dengan berpedoman pada protokol penanganan COVID-19 secara optimal untuk melindungi petugas Badan POM, pelaku usaha, dan masyarakat,”. Demikian disampaikan Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito saat memimpin video conference bersama pimpinan dan jajaran Badan POM di seluruh Indonesia, Kamis (23/04). Video conference ini digelar guna memberi arahan terkait Program Intensifikasi Pengawasan Pangan selama Ramadhan dan Menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2020.

 

Berdasarkan hasil pengawasan Badan POM, setiap bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, kebutuhan pangan cenderung meningkat yang diiringi dengan peningkatan jumlah dan variasi produk pangan. “Oleh karena itu, kita perlu memperkuat pengawasan post-market dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dari peredaran produk pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan,” jelas Kepala Badan POM.

 

Menyusul pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah dan himbauan untuk tinggal di rumah, pengawasan intensif tetap dilakukan melalui layanan pesan antar atau melalui marketplace, bekerja sama dengan lintas sektor, asosiasi, maupun melalui pemberdayaan masyarakat, termasuk Pramuka. Semua pihak yang berkepentingan, termasuk masyarakat dapat melaporkan secara aktif kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan POM di daerah, jika menemukan produk Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

 

Kepala Badan POM menegaskan kepada semua petugas Badan POM untuk selalu mengikuti protokol COVID-19. “Tetap jaga kesehatan dan keamanan dalam melaksanakan intensifikasi pengawasan pangan ini,” tegasnya.

 

Terkait pengawasan produk pangan jajanan untuk buka puasa/takjil selama bulan Ramadhan, akan dilakukan melalui mobilisasi mobil laboratorium keliling ke tempat-tempat khusus yang menjual pangan buka puasa.

 

Kegiatan intensifikasi pengawasan pangan selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri di tengah pandemi COVID-19 ini menjadi bukti komitmen Badan POM untuk tetap melakukan pengawalan keamanan dan mutu pangan dalam rangka perlindungan terhadap kesehatan masyarakat. (HM-Rahman)

 

Biro Hubungan Masyarakat dan Dukungan Strategis Pimpinan