Berita Aktual

Sosialisasi Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) dengan Maskot POMPI

3 September 2012 09:00 WIB Dilihat 1332 Kali Balai Besar/Balai POM » Kupang

Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama antara Balai POM di Kupang dan Pos POM Ende dengan yang melibatkan stakeholder di Kabpaten Ende seperti Bapeda,Dinas PPO, BKP3, Bagian KesRa Setda Ende, Bagian Pemberdayaan Perempuan Setda Ende, Kantor Pengolahan Data dan Telematika, Dinkes, Tim Penggerak PKK DAN Dinas Perindag Kabupaten Ende.

Kegiatan ini untuk mengenalkan Keamanan Pangan di lingkungan sekolah mulai dari usia dini. Sasaran dari sosialisasi bersama POMPI adalah anak-anak sekolah dasar, guru, kepala sekolah, komite, penjual pangan jajanan anak sekolah dan pengelola kantin.

Kegiatan ini direncanakan selama 2 hari pada 2 sekolah melibatkan 4 SD yaitu pada 31 Agustus 2012 kegiatan diadakan di SDN Ende 5 dengan peserta komunitas sekolah pada SDN Ende 5 dan SDN Ende 10. Kegiatan hari kedua dilaksnakan pada 01 September 2012 berlokasi di SDK Onekore 2 dengan komunitas sekolah dari SDK Onekore 1 dan SDK Onekore 2 sebagai peserta.

Karena dari hasil pengujian Balai POM di Kupang masih 35% PJAS yang Tidak Memenuhi Syarat, yaitu mengandung bahan berbahaya : Rhodamin B (warna merah cerah), metanil yellow (warna kuning cerah), boraks, formalin, jajan yang mengandung pemanis sintesis, pewarna sintesis, pengawet sintesis yang melebihi kadar yang dipersyaratkan juga higiene dan sanitasi yang masih kurang.

Melalui cerita panggung Boneka, POMPI menyampaikan pesan 5 kunci Keamanan Pangan :

  • Kenali pangan yang aman
  • Beli pangan yang aman
  • Baca label dengan saksama
  • Jaga kebersihan
  • Catat yang ditemui

Melalui film kartun dengan judul “Akibat Salah makan” Pompi menyampaikan pesan : cuci tangan sebelum jajan, jajan tidak boleh dibungkus dengan kertas bekas, jajan di tempat bersih, penjualnya juga harus bersih.

Juga dilakukan test cepat / test kit pada jajanan anak sekolah di lingkungan sekolah untuk menguji 4 bahan berbahaya oleh petugas Pos POM di Ende. Kegiatan pengujian dilaksanakan pada mobil keliling layanan internet kecamatan dari Kantor pengolahan data dan telematika Kabupaten Ende. Anak sebagai generasi penerus bangsa harus mendapatkan PJAS yang aman, bermutu dan bergizi.

BPOM Di Kupang