Berita Aktual

Badan POM Raih Dua Penghargaan dalam Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian PANRB

25 November 2020 23:13 WIB Dilihat 539 Kali Humas & DSP

Jakarta – Memasuki penghujung tahun 2020, Badan POM kembali menorehkan prestasi dengan memperoleh dua tempat pada Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan COVID-19 melalui Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Penanganan COVID-19 Tahun 2020 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB). Penghargaan pertama adalah untuk pemanfaatan minuman keras Cap Tikus sebagai bahan baku hand sanitizer melalui Balai POM di Gorontalo. Kedua adalah untuk pengujian spesimen COVID-19 di Laboratorium Biohazard Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan (PPPOMN).

 

Kedua penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Inspektur Utama Badan POM, Mayagustina Andarini pada Acara Puncak Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik 2020, Rabu (25/11). Acara dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, serta dihadiri secara langsung maupun virtual oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo, segenap Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan Lembaga, gubernur, bupati/walikota, direktur utama Badan Usaha Milik Negara, Duta Besar Republik Federal Jerman untuk RI, dan USAID CEGAH.

 

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Penanganan COVID-19 Tahun 2020 merupakan penghargaan bagi para inovator yang melakukan inovasi pelayanan publik penanganan COVID-19 Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan dorongan motivasi bagi penyelenggara pelayanan publik yang memiliki prestasi di bidang inovasi pelayanan publik. Selain itu, penghargaan ini bertujuan memberi informasi dan mempromosikan berbagai terobosan yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik.

 

Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Penanganan COVID-19 dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu cepat tanggap, pengetahuan publik, dan ketangguhan massal. Kriteria yang harus dipenuhi oleh inovasi yang terpilih, di antaranya memiliki kebaruan, kemanfaatan, efektif, dan transferable. Dari kompetisi ini, terhimpun sebanyak 1.204 inovasi dari tujuh klaster instansi.

 

“Kompetisi tahun ini ditekankan pada pencapaian pembangunan yang berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Dalam memenuhi target SDGs dan terutama di Era Industri 4.0 ini, kecepatan dan ketepatan pelayanan publik menjadi sebuah tuntutan yang harus dipenuhi oleh setiap penyelenggara publik”, ungkap Wakil Presiden RI dalam sambutannya.

 

Hal tersebut juga berkaitan dengan pentingnya Reformasi Birokrasi (RB) untuk terselenggaranya birokrasi yang baik dan bersih, sebagaimana yang selama ini ditekankan Presiden RI dalam visi dan misinya. Birokrasi merupakan tulang punggung dari suatu sistem pemerintahan. Dalam konteks ini, maka pelayanan publik menjadi salah satu indikator penting untuk menunjukkan pemerintahan yang bersih (clean government) dan sistem pemerintahan yang baik (good governance) dari suatu negara.

 

“Salah satu faktor keberhasilan RB adalah pelayanan yang memenuhi harapan masyarakat. Untuk itu, penghargaan ini menjadi salah satu upaya kami untuk menstimulus seluruh aparatur dalam meningkatkan kualitas pelayanan publiknya”, lanjut Menteri PANRB.

 

Di akhir sambutannya, Wakil Presiden RI menyampaikan harapan agar kompetisi ini dapat semakin memacu Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk terus melakukan percepatan pelayanan publik yang memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat. Beliau juga kembali tekankan pentingnya seluruh komponen masyarakat untuk terus bersinergi, produktif dan berinovasi, serta tetap taat pada protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi COVID-19. “Hal ini demi mewujudkan Indonesia yang sehat dan maju”, tutup Wakil Presiden RI.

 

Tak hanya itu, Badan POM juga masuk sebagai Top 46 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020 melalui ajang Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020. Tepatnya, Badan POM menjadi salah satu dari 6 instansi Pemerintah yang memperoleh Outstanding Achievement pada kategori tersebut. (HM-Herma)

 

Biro Hubungan Masyarakat dan Dukungan Strategis Pimpinan