Berita Aktual

BBPOM di Semarang Pastikan Produk Pangan dan Jajanan Aman dari Bahan Berbahaya Selama Bulan Ramadhan

22 April 2021 15:58 WIB Dilihat 64 Kali Balai Besar/Balai POM » Semarang

Selama bulan Ramadhan dan jelang hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021,  Balai Besar POM di Semarang gencar melaksanakan kegiatan intensifikasi pengawasan pangan guna melindungi masyarakat dari peredaran produk -produk pangan yang tidak aman dan berbahaya selama bulan Ramadhan.


Intensifikasi pengawasan pangan ini sudah berjalan sebanyak dua tahap yang dimulai sejak tanggal 5 April 2021. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 5 - 9 April 2021 di Kota Salatiga, Kabupaten Semarang dan Kota Semarang dan pada tanggal 12 – 16 April 2021 di Kota Semarang, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali. Dari sarana – sarana distribusi dan retail pangan yang diperiksa, masih ditemukan produk rusak dan produk kedaluwarsa. Petugas BBPOM di Semarang melakukan pembinaan kepada penjual agar tidak lagi memperjualbelikan produk – produk pangan yang tidak aman tersebut.


Selain pengawasan di sarana, petugas BBPOM di Semarang juga melakukan pengawasan di area pasar dan penjaja takjil dengan melakukan pengujian langsung menggunakan rapid test kit untuk parameter uji Formalin, Methanyl Yellow, dan Rhodamin B. Dari hasil pengawasan di beberapa titik di Kota Semarang, Kabupaten Klaten dan Kota Magelang ini masih ditemukan pangan siap saji yang mengandung bahan berbahaya. Para pedagang mendapatkan edukasi dan pembinaan dari petugas untuk tidak lagi menjual produk pangan yang mengandung bahan berbahaya tersebut.

Kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) juga dilakukan kepada masyarakat pasar dengan memasang banner dan membagikan brosur dengan tema Keamanan Pangan serta menunjukkan contoh produk – produk pangan yang Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) untuk dikonsumsi.


BBPOM di Semarang terus mengimbau masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dan selalu lakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan.

 

BBPOM di Semarang