Berita Aktual

BPK RI : Badan POM Efektif Dalam Melakukan Penanganan Pandemi COVID-19

23 April 2021 22:27 WIB Dilihat 2203 Kali Kerjasama dan Humas

Jakarta – “Badan POM berkomitmen untuk mendukung penanganan pandemi COVID-19 melalui percepatan akses dan ketersediaan vaksin, pengawalan terhadap pengembangan vaksin, peningkatan pengawasan, serta pengawalan vaksin yang didistribusikan dan diterima oleh masyarakat". Demikian hal  yang diutarakan Kepala Badan POM RI, Penny K Lukito, pada saat menyampaikan sambutannya pada acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Efektivitas Penanganan Pandemi COVID-19 Tahun Anggaran (TA) 2020 oleh BPK RI, Jumat (23/04).

 

Acara yang diadakan secara daring tersebut diikuti oleh Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK), Harry Azhar, beserta para auditor dari BPK, Selain itu, juga dihadiri oleh beberapa Instansi, antara lain Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Ketiga instansi tersebut juga menerima Laporan Hasil Pemeriksaan atas Efektivitas Penanganan Pandemi COVID-19 TA 2020 oleh BPK.

 

“Berdasarkan hasil  Pemeriksaan atas Efektivitas Penanganan Pandemi COVID-19 TA 2020, BPK menyimpulkan Badan POM efektif dalam melakukan penanganan pandemi COVID-19,”, ungkap Harry Azhar saat menyampaikan hasil pemeriksaan kepada Kementerian/Lembaga yang hadir.

 

“Saya berharap kepada para Menteri dan Pimpinan Lembaga agar dapat memanfaatkan laporan hasil pemeriksaan ini dalam rangka menyempurnakan pengelolaan anggaran dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Juga untuk mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan,” lanjut Harry Azhar.

 

Pada kesempatan ini, Kepala Badan POM menyampaikan bahwa dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat pada masa pandemi COVID-19, Badan POM menjalankan tugas dan fungsinya untuk mengawal keamanan, efikasi, dan mutu dari obat dan vaksin yang digunakan masyarakat. “Badan POM telah memfasilitasi penyediaan informasi penting terkait vaksin dan pelaksanaan vaksinasi sesuai tugas dan fungsinya,  serta melaporkan kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) selaku koordinator pengawasan vaksinasi,” jelas Kepala Badan POM.

 

Pada akhir sambutannya, Kepala Badan POM mengucapkan terima kasih kepada BPK yang senantiasa mengawal serta memberikan rekomendasi perbaikan untuk efektivitas penanganan pandemi COVID-19 di lingkungan Badan POM.

 

“Kami berkomitmen untuk segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan dan rekomendasi yang diberikan sesuai dengan Rencana Aksi (Action Plan) yang telah kami susun,” tutup Kepala Badan POM. (HM-Rahman)

 

 

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat