Berita Aktual

Kepala BBPOM di Pekanbaru Sapa Generasi Literasi Riau dalam Program Kelas Kominfo se-Riau

7 Mei 2021 04:53 WIB Dilihat 93 Kali Balai Besar/Balai POM » Pekanbaru

Kamis, 06 Mei 2021, Balai Besar POM di Pekanbaru bersama Pemerintah Provinsi Riau melaksanakan kegiatan KIE melalui live instagram @bpompekanbaru dan @kelaskominfo.riau dalam program Kelas Kominfo se-Riau yang telah diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Riau.

 

Mengangkat tema mengenai "Literasi Informasi Pangan Aman Jelang Hari Kemenangan", kegiatan tersebut dihadiri secara daring oleh Kepala Balai Besar POM di Pekanbaru Bapak Yosef Dwi Irwan dengan tujuan untuk menyapa dan menyampaikan pesan-pesan/tips keamanan pangan selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri kepada generasi literasi Riau.

 

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekdis Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Riau Ibu Sri Mekka, Ketua Forum Pengembang Komunikasi Informasi dan Edukasi  Generasi Muda Riau (FPKIE GMR) Ibu Elmi Gurita serta perwakilan Bidang Program FPKIE GMR wilayah Siak Ibu Rozian Elfis.

 

Pada kesempatan tersebut Kepala Balai Besar POM di Pekanbaru menyampaikan mengenai hasil kegiatan intensifikasi pengawasan pangan Ramadhan yang telah dilakukan oleh BBPOM di Pekanbaru pada 8 kabupaten/kota se-Provinsi Riau. Dari pengawasan yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa sebanyak 13,43% sarana pangan yang diperiksa Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK). Adapun temuan pada sarana pangan tersebut ialah ditemukannya produk pangan Tanpa Izin Edar (TIE) serta produk pangan TMK label. Sementara itu, untuk sampel takjil yang telah diperiksa diperoleh hasil sebanyak 0,55% sampel Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Adapun temuan yang diperoleh pada sampel takjil yang telah diuji ialah ditemukannya produk pangan yang terdeteksi mengandung boraks dan rhodamin B.

 

Kepala BBPOM di Pekanbaru menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Provinsi Riau khususnya generasi literasi Riau untuk selalu membiasakan diri melakukan cek KLIK sebelum berbelanja (cek kemasan, cek label, cek izin edar dan cek kedaluwarsa). Selain hal tersebut masyarakat harus lebih teliti dalam memilih produk pangan yang aman yaitu bebas dari 4 bahan kimia berbahaya (formalin, boraks, metanil yellow dan rhodamin B).

https://www.instagram.com/p/COibOihlTvS/?igshid=97xfxsrnky3f