Berita Aktual

Untuk Menjamin Pangan Aman Beredar di Masyarakat, BPOM terus Lakukan Intensifikasi Pangan Menjelang Idul Fitri di Kabupaten Mukomuko

8 Mei 2021 19:31 WIB Dilihat 80 Kali Balai Besar/Balai POM » Bengkulu

Bengkulu - Konsumsi pangan olahan oleh masyarakat pada bulan Ramadhan dan menjelang hari besar keagamaan seperti Idul Fitri selalu meningkat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan semakin tingginya variasi dan jumlah pangan yang dijual pada berbagai sarana distributor dan ritel pangan. Kondisi ini tidak terlepas dari meningkatnya permintaan masyarakat terhadap produk pangan tersebut.

Untuk menjamin pangan yang beredar di masyarakat memenuhi aspek keamanan dan mutu, Balai POM di Bengkulu kembali melakukan Intensifikasi pengawasan pangan di Kabupaten Mukomuko  pada tanggal 04 - 07 Mei Tahun 2021.

Target pemeriksaan pada kegiatan ini adalah sarana distribusi pangan (Distributor, toko, dan supermarket). Pemeriksaan dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Melalui pemeriksaan ini, masih ditemukan produk pangan kedaluwarsa dan rusak yang bercampur dengan produk pangan layak. Pada kesempatan tersebut petugas memberikan pembinaan kepada  pimpinan pelaku usaha distribusi pangan untuk benar-benar memisahkan produk pangan kedaluwarsa dan rusak dari produk yang masih dalam kondisi baik. Terhadap temuan ketidaksesuaian produk kedaluwarsa dan rusak, telah ditindaklanjuti dengan pelaksanaan pemusnahan oleh pelaku usaha disaksikan oleh petugas Balai POM di Bengkulu dan dituangkan ke dalam Berita Acara Pemusnahan.