Berita Aktual

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BIDANG KIMIA OTSKK MELALUI PELATIHAN ANALISIS INSTRUMEN BIDANG KOSMETIK

15 Oktober 2021 18:17 WIB Dilihat 1863 Kali Balai Besar/Balai POM » Padang

 

Dalam rangka penguatan efektivitas fungsi Badan POM dalam upaya melindungi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, perlu adanya dukungan peningkatan kelembagaan dibidang pengawasan obat dan makanan. Salah satu yang berperan penting dalam hal tersebut adalah laboratorium. Laboratorium sesuai yang tercantum dalam SNI ISO/IEC 17025:2017 harus memiliki personel yang kompeten dan bekerja menurut sistem managemen, guna mengatur dan mendukung kegiatan-kegiatan di laboratorium.

 

Dalam upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengujian laboratorium di Badan POM, diperlukan pelatihan yang bersifat berkesinambungan dan terus menerus sehingga akan meningkatkan kompetensi penguji dari waktu ke waktu. Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi personel laboratorium tersebut P3OMN menyelenggarakan kegiatan pengembangan kemampuan bidang kimia Obat tradisional Suplemen Kesehatan dan Kosmetik secara daring dengan BB/BPOM diseluruh Indonesia pada tanggal 4-8 Oktober 2021. Untuk BBPOM di Padang mendapatkan judul Pelatihan Analisis Instrumen yang mengangkat tema ”Adjusment Metoda Identifikasi Vitamin D2 (Ergokolkasirol) dan Vitamin D3 (Kolekalsiferol) dalam sediaan kosmetik secara KCKT-PDA” , yang diikuti oleh 4 orang staf laboratorium pengujian kosmetik BBPOM di Padang. 

 

Acara-acara yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi personel dan untuk meningkatkan standar ruang lingkup pengujian lab kosmetik ini dibuka oleh Bapak Mohammad Kashuri, S.Si, Apt. M. Farm., Kepala P3OMN dan dihadiri juga oleh Ibu Dra. Nani Badrorini - Koordinator Poksi Pengembangan Pengujian Kimia OTSK Kosmetik.

 

Acara dimulai dengan pemaparan materi oleh Narasumber yaitu Bapak Prof.Gunawan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Kemudian dilanjutkan dengan praktikum di laboratorium hingga hari Kamis 7 Oktober. Pada hari Jumat 8 Oktober 2021, sebelum acara penutupan, dilaksanakan presentasi hasil dari masing-masing Balai/BBPOM. Seluruh peserta mengikuti rangkaian acara dengan serius dan antusias, dapat dilihat dari peserta yang aktif berdiskusi dengan narasumber.

Balai Besar POM di Padang