Berita Aktual

Sinergi Edukasi Obat dan Makanan Bersama Anggota DPR RI

24 Oktober 2021 17:00 WIB Dilihat 2094 Kali Antrian » Obat

Jakarta. Kegiatan Sinergi Edukasi Obat dan Makanan Bersama Mitra Badan POM, anggota DPR RI Charles Honoris merupakan salah satu upaya Badan POM dalam memberikan Komunikasi, Edukasi dan Informasi (KIE) kepada masyarakat. KIE dilaksanakan di Kecamatan Palmerah, Kelurahan Kemanggisan, Jakarta Barat pada 24 Oktober 2021 bertemakan “Obat dan Makanan Aman untuk Indonesia Sehat” yang dihadiri oleh 500 orang peserta masyarakat di wilayah Kemanggisan, Jakarta Barat.

Pelaksanaan acara KIE diawali dengan pembukaan oleh Lurah Kemanggisan, Bapak Firmansyah, yang menyampaikan pesan terkait pentingnya vaksinasi dalam rangka membentuk herd immunity sehingga masyarakat menjadi tidak mudah terserang oleh virus Covid-19.

Setelah pembukaan oleh Lurah Kemanggisan, Kepala Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan, Ibu Syamsidar Thamrin, memberikan penjelasan bahwa Badan POM merupakan Lembaga Pemerintah yang memastikan produk Obat dan Makanan aman di masyarakat. Beliau mengajak masyarakat menggunakan BPOM Mobile untuk melakukan scan produk Obat dan Makanan untuk memastikan bahwa produk yang digunakan tersebut sudah memiliki Izin Edar di Badan POM dan mencegah masyarakat menggunakan produk palsu.

Edukasi lainnya disampaikan oleh Kepala Balai Besar POM di Jakarta, Bapak Yudi Noviandi, dimana Beliau menjelaskan tentang pentingnya vaksinasi untuk membentuk herd immunity khususnya untuk masyarakat di wilayah Kemanggisan.

Yang tidak kalah penting adalah edukasi yang diberikan oleh Bapak Charles Honoris sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI yang menjelaskan tentang pentingnya vaksinasi covid 19 dalam upaya bersama menanggulangi covid 19. Dalam kesempatan tersebut, Beliau mengajak masyarakat agar dapat memberikan penjelasan yang benar kepada keluarga dan masyarakat di lingkungannya bahwa vaksinasi yang dilakukan di Indonesia menggunakan vaksin yang aman dan halal dan sudah teruji di Badan POM. Beliau juga menekankan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini adalah peran kita bersama untuk menciptakan kondisi Indonesia yang pulih dari Pandemi Covid 19.

Narasumber terakhir adalah Koordinator Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi dari Balai Besar POM di Jakarta, Ibu Yayan Cahyani memberikan penjelasan tentang Izin Edar yang dikeluarkan oleh Badan POM. Adanya izin edar merupakan jaminan bahwa produk tersebut aman dan bermutu. Beliau menyampaikan agar masyarakat cerdas dalam memilih produk dengan memperhatikan nomor izin edar yang ada pada komoditi Obat, Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, Kosmetik dan Pangan.

Pelaksanaan kegiatan KIE ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memilih Obat dan Makanan yang aman dengan menggunakan aplikasi Cek BPOM dan BPOM Mobile. Selain itu, adanya KIE ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingya vaksinasi yang dilakukan secara gotong royong oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk membentuk herd immunity dalam upaya bersama untuk Indonesia pulih dari Pandemi Covid 19.

 

Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan