Berita Aktual

Bimtek kepada Pembuat Jamu Racikan/Seduh

25 November 2021 14:31 WIB Dilihat 84 Kali Balai Besar/Balai POM » Banjarmasin

Rabu, 24 November 2021, telah dilaksanakan Bimtek kepada Pembuat Jamu Racikan/Seduh yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, dan mengundang petugas BBPOM di Banjarmasin sebagai salah satu narasumbernya. Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong dan dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari jamu gendong dan petugas Puskesmas di wilayah Kabupaten Tabalong.

Materi yang disampaikan BBPOM di Banjarmasin terkait Keamanan dan Mutu Obat Tradisional, memaparkan tentang peraturan perundang-undangan, keamanan obat tradisional, bahan kimia obat yang ditambahkan dalam obat tradisional beserta efek bahayanya, higiene sanitasi pengolahan jamu gendong, dan Cek KLIK sebelum menggunakan obat tradisional.

Hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan jamu kemasan yang biasa dicampur dalam jamu gendong, yaitu pastikan produk terdaftar di Badan POM,dan selalu cek kedaluarsanya. Diharapkan dengan diadakannya bimtek ini, jamu gendong dapat memahami pentingnya penggunaan jamu kemasan yang memiliki izin edar demi menjamin keamanan dan mutu obat tradisional yang beredar di masyarakat wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.